Digital Marketing didefinisikan sebagai suatu cara untuk mengenalkan suatu produk yang dapat berupa produk barang atau jasa melalui media dgital yang didukung dengan jaringan internet dalam aktivitas pemasarannya. Terdapat beberapa keuntungan dari digital marketing antara lain yaitu (Dimitrios et al., 2023)
1. memungkinkan adanya komunikasi dua arah antara pelaku usaha dan konsumen sehingga memungkinkan pelaku usaha untuk memahami kebutuhan dari konsumen;
2. memungkinkan komunikasi yang lebih personal daripada bentuk pemasaran lainnya
3. tidak terbatas oleh tempat dan waktu
4. ekonomis
selain memberikan keuntungan, pemasaran digital juga memiliki kelemahan yaitu pelaku usaha sangat bergantung kepada infrastruktur teknologi dan internet yang memadai dan keamanan data yang masih rentan. Penerapan Digital Marketing selain memberikan manfaat juga memberikan suatu tantangan bagi pelaku usaha antara lain (Dimitrios et al., 2023)
1. Pelaku usaha harus dapat memberikan konten pemasaran produk yang menarik bagi konsumen. Hal ini diperlukan untuk memenangkan persaingan diantara para pelaku usaha
2. Pelaku usaha mampu memahami kebutuhan konsumen dengan baik
3. Diperlukan sumber daya manusia yang mampu mengelola komunikasi digital dan mampu menggunakan berbagai macam platform digital marketing
Kemudahan yang diberikan oleh teknologi dalam berbagai aspek aktivitas manusia terutama dalam bidang pemasaran seharusnya dapat menjadi peluang yang baik bagi para pelaku usaha yang ada di Indonesia untuk dapat mengenalkan produknya.
Pelaku usaha dalam hal ini UMKM tidak dapat mengembangkan usahanya sendiri. Pemerintah dapat memberikan dukungan bagi para pelaku usaha seperti memberikan pelatihan dan pendampingan digital marketing bagi pelaku UMKM.
Hal ini perlu dilakukan agar pelaku UMKM yang ada di Indonesia dapat memasarkan produk mereka dengan menarik tidak hanya bagi konsumen dalam negeri tetapi bagi konsumen luar negeri.
Selain mendapatkan dukungan dari pemerintah, beberapa pihak juga dapat berpartisipasi dalam memberikan dukungan bagi UMKM seperti ikut memasarkan produk UMKM melalui saluran media sosial yang dimiliki atau berbagai bentuk cara dukungan yang diperlukan. Sinergi dengan berbagai pihak menjadi kunci untuk kesuksesan.
Referensi:
Dimitrios, B., Ioannis, R., Ntalakos, A., & Nikolaos, T. (2023). Digital marketing: The case of digital marketing strategies on luxurious hotels. Procedia Computer Science, 219(2022), 688–696. https://doi.org/10.1016/j.procs.2023.01.340
Limanseto, H. (2024). Menko Airlangga: Pemerintah Dukung Bentuk Kolaborasi Baru agar UMKM Indonesia Jadi Bagian Rantai Pasok Industri Global. KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN REPUBLIK INDONESIA. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5885/menko-airlangga-pemerintah-dukung-bentuk-kolaborasi-baru-agar-umkm-indonesia-jadi-bagian-rantai-pasok-industri-global