Gelar Operasi Jagratara III, Imigrasi Muara Enim Sasar WNA di Perusahaan Kelapa Sawit

Senin 14-10-2024,22:08 WIB
Reporter : Sujatmiko
Editor : Ferry Ardi Setiawan

MUARA ENIM, MEMORANDUM.CO.ID - Kantor Imigrasi Kelas ll Non TPI Muara Enim kembali menggelar Operasi Pengawasan Orang Asing "JAGRATARA" dengan menyasar perusahaan yang memperkerjakan warga negara asing (WNA), Selasa 8 Oktober 2024.

BACA JUGA:Operasi Jagratara Tahap III: Imigrasi Surabaya Periksa 30 WNA di 13 Perusahaan dan Event Internasional

Operasi Jagratara ini merupakan kegiatan Tahap III Tahun 2024 yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Kantor Imigrasi yang ada di wilayah Indonesia dengan kendali pusat.

BACA JUGA:Operasi Jagratara Tahap III Pastikan WNA Patuhi Aturan Imigrasi Tanjung Perak

Kantor Imigrasi Kelas Il Non TPI Muara Enim melaksanakan kegiatan Operasi "JAGRATARA 2024 TAHAP III" di wilayah Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, terhadap PT Gelumbang Agro Sentosa (GAS) dan PT Berlian Inti Mekar (BIM) dimana kedua perusahaan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan kelapa sawit.

BACA JUGA:Operasi Jagratara Tahap 2, Kanim Sumbawa Besar Temukan Izin Tinggal WNA

Kegiatan diawali dengan briefing internal persiapan yang dipimpin Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim, Taufiq Rebowo Hasan, tim lalu bergerak menuju tempat operasi yang telah ditargetkan.

BACA JUGA:Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Gelar Operasi JAGRATARA di Banyuwangi

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim Kanwil Kemenkumham Sumatra Selatan Antonius Frizky SCP, terpisah menjelaskan, Operasi "JAGRATARA" Tahap III pada 7 hingga 9 Oktober 2024 dalam rangka upaya preventif terjadinya pelanggaran keimigrasian serta penegakan hukum guna menjaga stabilitas dan keamanan negara. 

BACA JUGA:Kantor Imigrasi Tanjung Perak Gelar Operasi Jagratara

"Kami bersama dengan Kantor Imigrasi seluruh Indonesia melaksanakan Operasi Pengawasan Orang Asing secara serentak, personal kami dilengkapi dengan Surat Perintah Pengawasan Operasi sesuai dengan Standar Operasional Prosedur," jelas Frizky.

BACA JUGA:Operasi JAGRATARA Imigrasi Surabaya, Temukan Satu Orang Asing Diduga Pelanggar Izin Tinggal

"Hasil Operasi Jagratara Tahap Ill Tahun 2024 Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim pada PT Gelumbang Agro Sentosa (GAS) dan PT Berlian Inti Mekar (BIM), berjalan lancar dengan hasil pemeriksaan petugas di lapangan, tidak terdapat tenaga kerja asing ataupun tamu asing pada kedua perusahaan dan tidak ditemukan adanya pelanggaran kegiatan maupun izin tinggal oleh orang asing," pungkas Frizky. (mik)

Kategori :