Pesona Bunga Tabebuya yang Kini Bermekaran, Sakura Tropis yang Memukau

Senin 14-10-2024,08:23 WIB
Reporter : Irza Amelia Arif
Editor : Agus Supriyadi

MEMORANDUM.CO.ID - Siapa bilang untuk menikmati keindahan bunga sakura kita harus jauh-jauh ke Jepang? Indonesia juga memiliki "sakura" versi tropis yang tak kalah cantik, yaitu bunga tabebuya.

Dengan warna-warni cerah dan bentuknya yang menawan, tabebuya berhasil memukau banyak orang saat musim berbunganya tiba.

Sebenarnya, tabebuya berasal dari Amerika Latin, terutama Brasil. Pohon ini termasuk dalam keluarga Bignoniaceae dan memiliki beberapa jenis dengan warna bunga yang beragam, mulai dari kuning cerah, pink lembut, hingga ungu tua.

Saat musim kemarau tiba, tabebuya akan berbunga dengan sangat lebat. Bunganya yang muncul secara bersamaan akan mengubah pohon menjadi lautan warna yang memukau.

BACA JUGA:Indahnya Tabebuya yang Mulai Bermekaran di Jalan Protokol Surabaya

BACA JUGA:Melihat Pesona Bunga Tabebuya di Musim Hujan

Keindahan inilah yang membuat tabebuya sering dibandingkan dengan bunga sakura di Jepang. Di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Surabaya, Malang, dan Bandung, kita dapat menemukan jalan-jalan yang dihiasi oleh pohon tabebuya yang sedang bermekaran.

Mengapa Tabebuya Populer?

- Keindahan visual: Bunga tabebuya yang berwarna-warni sangat menarik perhatian dan sering dijadikan spot foto oleh masyarakat.

- Perawatan yang mudah: Tabebuya termasuk tanaman yang cukup kuat dan mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi iklim di Indonesia.
 
- Nilai estetika: Pohon tabebuya dapat meningkatkan keindahan lingkungan dan memberikan suasana yang lebih segar.

Mekarnya bunga tabebuya di Surabaya menjadi pertanda akan masuknya musim hujan. Hal ini menarik untuk diteliti lebih lanjut, apakah ada korelasi langsung antara mekarnya bunga tabebuya dengan perubahan musim.

Bunga tabebuya berhasil memikat hati masyarakat Indonesia dengan keindahannya yang luar biasa. Kehadirannya tidak hanya mempercantik lingkungan, tetapi juga memberikan inspirasi bagi kita untuk lebih mencintai alam. (mg35)


Kategori :