Polres Pelabuhan Tanjung Perak Bubarkan Balap Liar di Kedung Cowek, 8 Motor Diamankan

Minggu 13-10-2024,16:33 WIB
Reporter : Arif Alfiansyah
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Polres Pelabuhan Tanjung Perak terus menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Salah satu komitmennya dengan rutin melakukan patroli di sejumlah titik rawan. 

Dalam patroli yang berlangsung akhir pekan kemarin, Sabtu 12 Oktober 2024. Unit Raimas Sat Samapta Polres Pelabuhan Tanjung Perak berhasil mencegah aksi balap liar di Jalan Kedung Cowek. Sebanyak delapan pengendara bersama  motornya dibawa ke Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak. 

Kasat Samapta Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Roni Faslah menuturkan, delapan sepeda motor disita oleh Unit Raimas saat membubarkan aksi balap liar ini. 

BACA JUGA:Simpan Aplikasi Judi Online, Pembalap Liar Dibui

"Kendaraan tersebut juga menggunakan knalpot brong dan tidak sesuai spesifikasi kendaraan, " kata AKP Roni Faslah, Minggu 13 Oktober 2024.

Diketahui di ruas Jalan Kedung Cowek tersebut kerap dijadikan tempat berkumpulnya remaja. Mereka melakukan aksi balap liar. Aktifitasnya kerap mengganggu pengguna jalan hingga masyarakat setempat. Apalagi tak jarang dari motor yang digunakan menggunakan kenalpot brong menimbulkan kebisingan

Pihaknya menjelaskan, setelah dilakukan pembubaran, para pemuda aksi balap liar biasanya membubarkan diri. Mereka akan kembali lagi sesaat setelah petugas patroli meninggalkan lokasi. Bahkan aksi balap liar kerap kali kucing-kucingan dengan anggota. 

BACA JUGA:Cegah Balap Liar, Satlantas Gelar Patroli Akses Jembatan Suramadu

"Aksi balap liar ini menutup jalur cepat di Jalan Kedung Cowek," ujarnya.

Roni mengatakan, delapan pengendara akan dilakukan penindasan secara tindak pidana ringan (Tipiring). Setelah sidang, mereka baru diperbolehkan mengambil delapan sepeda motor yang diamankan di Mapolres Tanjung Perak.

"Syaratnya sepeda motor harus dikembalikan sesuai dengan spesifikasi. Baru nanti kami serahkan kembali," terangnya.

BACA JUGA:Tim Raimas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Bubarkan Balap Liar di Kedung Cowek, 6 Remaja Diamankan

Pihaknya menegaskan untuk terus mencegah balap liar dan gangguan kamtibmas lainnya. "Kami akan masifkan patroli dengan menyasar wilayah rawan," pungkasnya. (alf)

Kategori :