KPU Jatim Siapkan Tiga Kali Debat Terbuka Pilgub Jatim

Jumat 11-10-2024,19:57 WIB
Reporter : Rahmad Hidayat
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Tahapan kampanye Pilgub Jatim 27 November 2024 bakal kian semarak. Kini KPU Jatim mempersiapkan debat terbuka tiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang akan disiarkan langsung melalui media televisi dan radio.

BACA JUGA:KPU Jatim Minta Bedakan Jam dan Tempat Kampanye Cagub

Komisioner KPU Jatim Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) Nur Salam mengatakan, debat terbuka Pilgub Jatim akan dilaksanakan sebanyak tiga kali. Pertama pada 18 Oktober dengan konsorsium penanggungjawab hak siar Kompas dan TVRI.

Kedua pada 3 November dengan konsorsium JTV dan CNN. Sedangkan ketiga dilaksanakan pada 18 November dengan konsorsium Metro TV dan TV One.

“Lokasi debat terbuka, KPU Jatim untuk sementara menyiapkan tiga tempat,” ujarnya, Jumat 11 Oktober 2024.

BACA JUGA:KPU Jatim Gelar Kampanye Damai di Tugu Pahlawan

Nur Salam menyampaikan, kepastian lokasi tentu menunggu hasil finalisasi dengan pihak konsorsium karena menyangkut hal hal yang teknis. Muncul tiga tempat debat, yakni Dyandra, DBL (Deteksi Basket League), dan Grand City.

Mantan Komisioner KPU Magetan ini menyampaikan, menyangkut panelis, kata Nur Salam pihaknya telah memutuskan untuk mengambil dari kalangan akademisi. Alasannya, jika melibatkan unsur profesional (praktisi) maupun tokoh masyarakat terlalu memakan waktu untuk melacak track record untuk menjaga netralitas.

BACA JUGA:Dihadapan KPU Jatim, Risma-Gus Hans : Takdir Disatukan di Tanah Suci Resik-resik Jawa Timur

"Para panelis sedang kami susun. Tugas mereka nantinya adalah membuat sub tema dan pertanyaan kepada ketiga pasangan cagub dan cawagub," bebernya.

Untuk tema debat terbuka, lanjut Nur Salam, sesuai dengan juknis, tema debat terbuka itu meliputi 6 item. Pertama, meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kedua, memajukan daerah. Ketiga, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

BACA JUGA:Antar Daftar ke KPU Jatim, Koalisi KAWANKoE Dukung Khofifah-Emil Dua Periode

Berikutnya tema keempat adalah menyelesaikan permasalahan daerah. Kelima, menyerasikan arah pembangunan daerah, provinsi, dan pusat. Dan keenam, memperkokoh kesatuan NKRI dan kebangsaan.

"Enam tema ini nantinya akan digodok tim panelis untuk ditentukan sub temanya sesuai dengan kondisi riil di Jatim," beber Nur Salam.  

BACA JUGA:Sisakan 2 Partai, Khofifah-Emil Pagi Ini Daftar Cagub-Cawagub ke KPU Jatim

Pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim menggelar rapat umum di Gresik pada 10 November dan Jombang pada 23 November 2024.

Kemudian paslon nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Jember pada 10 November, dan Surabaya pada 23 November 2024.

"Paslon nomor urut 3 Tri Rismaharini-Gus Hans menggelar rapat umum di Jember pada 27 Oktober dan Malang pada 10 November 2024," pungkas Nur Salam. (day)

Kategori :