Sidang Paripurna DPRD Lumajang Lantik Pimpinan

Kamis 10-10-2024,13:58 WIB
Reporter : Agus Sucipto
Editor : Fatkhul Aziz

LUMAJANG, MEMORANDUM.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Bunda Yuyun) menekankan pentingnya dedikasi dan komitmen dalam menjalankan amanah sebagai pimpinan DPRD Lumajang masa jabatan 2024-2029. 

Harapan tersebut disampaikan Yuyun pada Rapat Paripurna dalam rangka Pengambilan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Lumajang, Kamis 10 Oktober 2024.

Pelantikan tersebut diharapkan menjadi momentum strategis bagi peningkatan kinerja legislatif dalam fungsi pengawasan, legislasi, dan anggaran secara efektif, efisien, dan optimal.

BACA JUGA:Ketua DPRD Lumajang Apresiasi Kinerja Polres Gerebek Ribuan Tanaman Ganja di TNBTS

Pelantikan pimpinan DPRD Lumajang, yang dilaksanakan sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 100.3.3.1/998/KPTS/011.2/2024, menetapkan Solikin sebagai salah satu Wakil Ketua DPRD Lumajang untuk periode 2024-2029.

Bunda Yuyun menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan amanat dari Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, yang mengatur bahwa DPRD dengan jumlah anggota antara 45 hingga 50 orang harus dipimpin oleh satu ketua dan tiga wakil ketua.

Dengan pelantikan ini, jajaran pimpinan DPRD Kabupaten Lumajang kini lengkap, menciptakan sinergi baru yang diharapkan mampu mendukung pembangunan yang berkelanjutan di Lumajang. 

BACA JUGA:Pimpinan DPRD Lumajang Resmi Dilantik, Begini Tanggapan Pj Bupati

Yuyun menegaskan pentingnya kolaborasi antara eksekutif dan legislatif untuk menghadapi tantangan pembangunan yang semakin kompleks, serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lumajang.

"Saya berharap agar sinergi dan kolaborasi antara pemerintah daerah dan DPRD dapat terus terjaga dengan baik, demi tercapainya pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat Lumajang yang kita cintai," harapnya.

Dalam suasana pelantikan yang penuh harapan ini, komitmen DPRD Lumajang untuk menjalankan tugasnya dengan profesionalisme diharapkan akan membawa dampak positif bagi pembangunan daerah, terutama dalam memastikan penggunaan anggaran yang efektif dan efisien, serta pengawasan yang ketat terhadap pelaksanaan program-program pembangunan.

BACA JUGA:Sukses Gelar Pengundian Nomor Urut Cabup-Cawabup, DPRD Lumajang Apresiasi Kinerja KPU

Kolaborasi yang kuat antara DPRD dan Pemerintah Kabupaten Lumajang menjadi kunci utama untuk mencapai berbagai target pembangunan dalam lima tahun ke depan.

Dengan kepemimpinan baru di DPRD, masyarakat Lumajang optimis bahwa kemajuan dan kesejahteraan daerah akan semakin meningkat melalui kebijakan-kebijakan yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan warga. ( Ags )

Kategori :