Pimpinan Baru DPRD Jombang Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Rabu 09-10-2024,15:02 WIB
Reporter : Muhammad Anwar
Editor : Fatkhul Aziz

JOMBANG, MEMORANDUM.CO.ID - Empat pimpinan baru DPRD Kabupaten Jombang masa jabatan 2024–2029 diambil sumpahnya saat dilantik di gedung Paripuna DPRD Jombang. Pelantikan tersebut berdasar Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur nomor 100.3.3.1/984/KPTS/011.2/2004.

Pimpinan baru yang dilantik adalah Ketua DPRD Hadi Atmaji, dan Wakil Ketua DPRD yaitu Donny Anggun, Octadella Bilhyta Permatasari serta M Syarif Hidayatullah. Pengucapan sumpah dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Jombang. 

Pelantikan tersebut sebagai babak baru untuk segenap anggota DPRD Jombang lima tahun ke depan dalam menjalankan fungsi legislasi, pengawasan, dan anggaran secara optimal. Selain itu juga awal bagi anggota legislatif dalam membawa aspirasi rakyat dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat. 

BACA JUGA:Akan Dilantik, Empat Pimpinan DPRD Jombang Periode 2024-2029 Lakukan Gladi Bersih

Ketua DPRD Jombang Hadi Atmaji mengatakan bahwa, usai dilakukan pelantikan, tugas utama yakni pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD). Dan tadi juga sudah menetapkan susunan fraksi-fraksi. 

"Sehingga agenda berikutnya rapat banmus (badan musyawarah) untuk agenda kerja DPRD Jombang. Apabila hari ini fraksi-fraksi lengkap, insyaallah nanti malam sudah terbentuk untuk AKD,” katanya, Rabu 9 Oktober 2024. 

Hadi menjelaskan, usai pelantikan ini tentu DPRD Jombang akan kerja marathon terkait dengan pembahasan R-APBD 2025. Sebanyak 21 anggota DPRD baru harus diberi peluang untuk mempelajari APBD 2025. Dalam pembahasan APBD, nantinya akan dilakukan komisioning terlebih dahulu bersama eksekuitif. 

BACA JUGA:Ketua DPRD Jombang dan Pj Bupati Raih Penghargaan Nirwasita Tantra

”Kami juga agendakan untuk komisioning untuk memahami dan mempelajari program-program yang ada di APBD 2025,” pungkasnya. 

Perlu diketahui, selain pelantikan pimpiman baru DPRD Jombang, juga dilakikan pengesahan susunan fraksi-fraksi.(yus)

 

Berikut nama-nama ketua dan wakil dari fraksi yang telah disahkan: 

Fraksi PKB

Ketua           : M. Subaidi

Wakil Ketua : Kartiyono

Kategori :