Rute Angkutan Baru Pandaan-Juanda segera Beroperasi

Selasa 08-10-2024,18:41 WIB
Reporter : Hari Mujianto/Muhammad Hidayat
Editor : Ferry Ardi Setiawan

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Kabar gembira bagi masyarakat Pasuruan dan sekitarnya. Sebentar lagi bakal ada akses dari Pandaan menuju Bandara Internasional Juanda Surabaya. Kabar ini menyusul bakal dibukanya rute angkutan baru yang menghubungkan dua daerah tersebut. 

BACA JUGA:Proyek Revitalisasi Pasar Cheng Ho Pandaan Gagal Lelang, Dana Bantuan Kemendag Rp 57 M Sia-Sia

Kabar ini tentu menggembirakan. Karena semakin memudahkan masyarakat Pandaan atau wilayah Pasuruan dan sekitarnya yang mau menuju Bandara Juanda tersebut. Pihak Pemerintah Kabupaten Pasuruan telah mendapatkan lampu hijau dari Kementerian Perhubungan untuk merealisasikan proyek tersebut.  

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan Eka Wara Brehaspati menyampaikan, ada empat titik strategis yang telah diidentifikasi sebagai halte. Yaitu Arteri, Nusa Dua, Taman Dayu, dan Chandra Wilwatikta. Pemilihan lokasi-lokasi tersebut didasarkan pada pertimbangan strategis untuk menjangkau banyak penumpang.

Pembukaan rute angkutan baru ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antara kawasan wisata di Pandaan dengan Bandara Juanda. Sehingga semakin memudahkan wisatawan untuk berkunjung di Pasuruan. Selain itu, masyarakat juga akan terbantu dalam mengakses transportasi umum yang nyaman dan terjangkau. 

Untuk mendukung perekonomian lokal, Pemerintah Kabupaten Pasuruan berencana melibatkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam menyediakan produk-produk khas Pasuruan di setiap halte. Hal ini diharapkan dapat mempromosikan produk UMKM dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pasar wisata Cheng Hoo akan kita jadikan salah satu lokasi transit. Disana sudah disiapkan produk-produk UMKM," kata Eka Wara, Selasa 8 Oktober 2024.

Perusahaan Otobus (PO) Damri telah resmi ditunjuk sebagai operator untuk rute angkutan baru ini. Standar operasional prosedur (SOP) yang mengatur jam operasional, istirahat pengemudi, dan aspek keselamatan lainnya juga telah disusun secara matang.

“Kami menargetkan layanan angkutan Pandaan-Bandara Juanda ini dapat mulai beroperasi pada November mendatang,” lanjut Eka Wara. 

Dengan adanya rute angkutan baru ini, diharapkan mobilitas masyarakat semakin meningkat dan sektor pariwisata di Kabupaten Pasuruan semakin berkembang. (hm/mh)

Kategori :