Pembentukan AKD, Anggota Gerindra-PKS Disapu Bersih

Jumat 04-10-2024,17:58 WIB
Reporter : Hari Mujianto/Muhammad Hidayat
Editor : Ferry Ardi Setiawan

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Entah ini ada hubungan antara Pilkada dengan pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD), namun faktanya dua partai yang bergabung pada calon Rubih (M Rusdi Sutejo-Gus Shobih Asrori) tak satu pun mendapatkan kursi AKD.

BACA JUGA:Pimpinan DPRD Kabupaten Pasuruan Bakal Dilantik Tanpa PDI-P

Semua kursi dibagi rata kepada anggota partai yang bergabung dalam calon Mudah (Gus Mujib-Ning Wardah). Susunan AKD terbentuk usai rapat paripurna pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Pasuruan, Kamis 3 Oktober 2024 malam. 

Hasilnya? Tak satupun anggota dewan dari Fraksi Gerindra dan PKS mendapat kursi pimpinan AKD. Simak saja, Komisi I diketuai Rudi Hartono (PKB). Lalu wakilnya Nik Sugiharti (Golkar), dan Eko Suryono (Fraksi Gabungan) sebagai Sekretaris. 

BACA JUGA:Samsul Hidayat Berpeluang Jadi Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan

Kemudian, Komisi II, ketuanya Gaung Andaka (Golkar), Agus Suyanto (PKB) sebagai wakil dan posisi sekretaris diisi H Arifin (PDI-P). Untuk Komisi lll, Yusuf Daniyal (PKB) ditunjuk sebagai ketua. Lalu wakilnya Eko Suyono (PDI-P) dan sekretarisnya diserahkan ke Mahdi Haris (Golkar).

Untuk Komisi lV yang membidangi pendidikan, kesehatan dan kesejahteran masyarakat diserahkan kepada Andri Wahyudi (PDI-P) sebagai ketua. Andri sendiri sebelumnya wakil ketua DPRD. Lalu, wakilnya diberikan kepada Tri Laksono Adi Priyanto (Golkar), dan Abdul Karim (PKB) sebagai sekretaris.

BACA JUGA:50 Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Periode 2024-2029 Dilantik

Demikian pula dengan AKD lainnya. Seperti Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan Badan Kehormatan. Tidak ada nama politisi Gerindra dan PKS yang dicantumkan sebagai pimpinan AKD itu. Untuk Bapemperda  dipercayakan kepada H Sugiyanto (PDI-P) sebagai ketua dan wakilnya Aidzin Utama. 

Lalu, Badan Kehormatan (BK) dipimpin Nikmah Jamilah (F-Gabungan) dan Wasik Rahman (PKB) sebagai wakilnya. “Nggih pun. Biarkan saja,” ujar Nurul, anggota Fraksi Partai Gerindra pada Jumat 4 Oktober 2024. 

BACA JUGA:50 Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Bakal Dilantik Rabu Besok

Saat ditanya apakah ini ada faktor yang berhubungan dengan dukung mendukung partai di Pilkada Pasuruan? “Kayaknya begitu. Tapi saya ndak mau ngomong terlalu jauh. Takut salah,” katanya. 

BACA JUGA:Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Dibayangi Molor Renovasi Gedung

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Samsul Hidayat pada awak media mengatakan, formasi pimpinan AKD disepakati melalui musyawarah dalam rapat internal. Nama-nama yang ditetapkan, juga berdasarkan usulan anggota di komisi dan badan-badan. 

BACA JUGA:Kantor DPRD Kabupaten Pasuruan Kemalingan, Pelaku Terekam CCTV Pakai Baju Keki

Kategori :