Belajar Kepelabuhanan, 110 Siswa SD SAIM Kunjungi Tanjung Perak

Selasa 01-10-2024,21:33 WIB
Reporter : Muchlis Darmawan
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Sedikitnya 110 siswa SD Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) Surabaya mengunjungi Pelabuhan Tanjung Perak. Rombongan terdiri dari siswa kelas 5 SD dan 20 guru pendamping tersebut disambut Humas Pelindo Sub Regional Jawa bersama petugas operasional. 

BACA JUGA:Jelang HUT Ke-79 RI, Pelindo Sub Regional 3 Jawa Tanam Ribuan Pohon

Ratusan siswa tersebut diajak berkeliling Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak. Mereka diberikan kesempatan untuk mengikuti simulasi menjadi penumpang kapal. 

Kunjungan di terminal penumpang kapal laut modern pertama di Indonesia ini memberikan pengalaman belajar di luar kelas yang membuat para siswa lebih antusias dalam mempelajari seluk beluk pelabuhan.

General Manager Kalimas dan Terminal GSN Ana Adiliya mengaku sangat antusias menerima kunjungan tersebut. Karena baginya, ini merupakan momentum yang tepat untuk memperkenalkan dunia kepelabuhanan. Khususnya Terminal Penumpang GSN kepada generasi muda, sehingga dapat mengenal dunia kepelabuhanan sejak dini.

BACA JUGA:Dukung HUT Ke-79 RI di IKN, Pelindo Sub Regional 3 Jawa Layani Pengiriman 70 Bus ke Balikpapan

“Kegiatan ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengajak para siswa bermain sekaligus belajar dan memberikan pengetahuan seputar pelayanan operasional Terminal Penumpang GSN. Seperti mengajak mereka mengikuti alur debarkasi dan embarkasi,” tutur Ana dalam rilisnya, Senin 1 Oktober 2024. 

Mereka, lanjut Ana, juga belajar cara mengecek jadwal kapal, membeli, dan menukar tiket, menunggu di ruang tunggu sementara, proses pemeriksaan barang, scanning boarding pass, menunggu di ruang transit, sampai menuju garbarata (gerbang terakhir sebelum naik kapal). 

BACA JUGA:Pelindo Sub Regional Jawa Salurkan 48 Hewan Kurban

“Melihat fasilitas di Terminal Penumpang GSN dan menikmati pemandangan alam yang bisa disaksikan dari Surabaya North Quay (SNQ) yang berada di rooftop Lantai 3 Gedung GSN”, ungkap Ana.

BACA JUGA:Pelindo Sub Reg 3 Jawa Sediakan Mobile Gangway Di Pelabuhan Tanjung Perak

Para siswa dibekali ilmu kepelabuhanan melalui sesi presentasi mengenai proses bisnis pelabuhan Tanjung Perak dari pihak GSN. Siswa diberi informasi terkait sejarah berdirinya Terminal Penumpang GSN, pentingnya keberadaan Pelabuhan Tanjung Perak, fasilitas, serta tata tertib yang diberlakukan. Selanjutnya para siswa diajak berkeliling Terminal Penumpang GSN.

BACA JUGA:Sosialisasikan Aplikasi Phinnisi, Pelindo Sub Regional Jawa Undang Agen Pelayaran

Dalam kegiatan tersebut, siswa juga dibekali tantangan mengerjakan lembar kerja (worksheet) yang harus diisi berdasarkan pemahaman yang diperoleh selama kunjungan. Dengan begitu siswa jadi lebih fokus pada pembelajaran. Bukan sekadar berkunjung, mereka berlatih kemampuan mengintegrasikan pengetahuan dengan pengalaman nyata. (lis)

Kategori :