Penerapan Prototipe Produk Digital Kreatif Modul Embedded-IoT Pendidikan STEM di SMK SIANG dan SMK Kawung

Senin 30-09-2024,13:38 WIB
Reporter : Eko Yudiono
Editor : Eko Yudiono

 Surabaya, sebagai salah satu pusat pendidikan di Indonesia, memiliki sejumlah sekolah menengah kejuruan yang aktif dalam mengembangkan kurikulum dan metode pembelajaran yang inovatif. SMK Siang dan SMK Kawung 1 adalah dua lembaga pendidikan yang memiliki komitmen tinggi terhadap peningkatan kualitas pendidikan STEM.

Tetapi permasalahan kedua sekolah SMK ini tidak memiliki infrastruktur yang memadai serta sumber daya manusia yang berkualitas khususnya terhadap perkembangan teknologi Internet of Things, sehingga prodi teknik elektro Universitas Widyakartika menawarkan kerjasama untuk menjadikan SMK SIANG dan SMK KAWUNG 1 Surabaya sebagai mitra untuk mengimplementasikan teknologi baru dalam pembelajaran teknologi Internet of Things menggunakan pendekatan metode pembelajaran STEM. 

Dalam rangka mengoptimalkan pembelajaran STEM di SMK Siang dan SMK Kawung 1, kami mengusulkan penerapan prototipe produk digital kreatif berupa Modul Embedded-IoT. 

Modul ini dirancang untuk memfasilitasi pembelajaran yang interaktif, kolaboratif, dan kontekstual, dengan mengintegrasikan konsep-konsep STEM ke dalam solusi teknologi yang nyata dan relevan dengan kebutuhan industri. 

Pengembangan Modul Embedded-IoT ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan STEM di SMK Siang dan SMK Kawung 1, serta memberikan inspirasi dan panduan bagi sekolah-sekolah lain dalam mengadopsi teknologi untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan relevan dengan tuntutan zaman. 

Melalui pengabdian ini, kami berharap dapat membuka jalan bagi terciptanya generasi muda yang siap menghadapi tantangan masa depan dengan keberanian, kreativitas, dan kompetensi yang teruji.

Dengan penuh rasa syukur, kami mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Widya Kartika Surabaya atas dukungan dan kesempatan yang diberikan dalam melaksanakan skema pengabdian berbasis masyarakat yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristekdikti). Partisipasi aktif dan bimbingan yang diberikan oleh LPPM Universitas Widya Kartika telah menjadi elemen penting dalam keberhasilan program ini.


Kunjungan ke SMK Kawung.--

Tak lupa, kami juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Drs. Mohammad Makin Kepala Sekolah SMK Siang Surabaya dan Bapak Drs. Mochammad Asif, M.M. Kepala Sekolah SMK Kawung 1 Surabaya atas kerjasama yang baik serta dukungan penuh terhadap kegiatan pengabdian ini. Partisipasi dan kontribusi Bapak/Ibu Kepala Sekolah beserta seluruh civitas SMK sangat membantu dalam mewujudkan tujuan bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan masyarakat. 

Kami berharap kerja sama ini dapat terus terjalin di masa mendatang demi kemajuan bersama.

 

Kategori :