Jadi Pjs Wali Kota Surabaya, Kadinsos Jatim Siap Hadapi Kotak Kosong

Selasa 24-09-2024,16:30 WIB
Reporter : Tri Haryoko
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Teka-teki siapa pengganti sementara Wali Kota Surabaya saat Eri Cahyadi kembali mencalonkan diri dalam Pilwali Kota Surabaya 2024 terjawab sudah. Ini setelah Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono menunjuk Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Provinsi Jatim Restu Novi Widiani sebagai Penjabat Sementara (Pjs), Selasa 24 September 2024.

BACA JUGA:Dampingi Jokowi Tinjau Pasar Dukuh Kupang, Pj Gubernur Pastikan Harga Bapok Jatim Terkendali

Upaya pergantian ini sekaligus sebagai langkah cepat Pj Gubernur Jatim untuk menggantikan calon wali kota tunggal Eri Cahyadi yang mulai melaksanakan masa kampanye pada 25 September 2024. 

BACA JUGA:Jatim Juara Umum OSN 2024, Pj Gubernur: Bukti Kiblat Pendidikan Indonesia

Meski hanya menjabat dalam hitungan bulan, bagi Novi memimpin kota sebesar Surabaya dirasa tidak mudah. Terlebih tantangan yang harus segera dilaksanakan adalah gelaran Pilwali Surabaya yang hanya muncul calon tunggal dengan lawan kotak kosong.

BACA JUGA:Pelepasan Atlet PON Aceh-Sumut 2024, Pj Gubernur Targetkan Jatim Juara Umum

Ketika dikonfirmasi usai ditetapkan sebagai Pjs di Gedung Negara Grahadi, pihaknya mengaku siap menjaga netralitas di momentum tahun politik Pilkada Serentak 2024. 

BACA JUGA:Raih Satya Lencana Kalung Melati Pramuka, Ini Pesan Pj Gubernur Jatim

“Saya akan menjaga netralitas dan siapapun itu kita akan bangun kota Surabaya sebagaimana masyarakat kota Surabaya kehendaki,” tandas Novi. 

BACA JUGA:Mutasi Sejumlah Pejabat Pemprov, Ini Pesan Pj Gubernur Adhy Karyono

Merespons situasi Pilwali Surabaya 2024 yang hanya diikuti oleh satu paslon, Novi meminta fenomena kotak kosong juga ikut dihormati sebagai bagian dari pesta demokrasi. 

“Kotak kosong ya kita hadapi, mudah-mudahan hasilnya baik. Semuanya tergantung sama masyarakat Surabaya,” ungkap Novi.

BACA JUGA:Pimpin Apel Renungan Suci, Pj Gubernur Jatim Pesankan Isi Kemerdekaan dengan Hal Positif

Sementara 12 Pjs kepala daerah yang juga ditetapkan kemarin antara lain, Ir Tiat Surtiati Suwardi MSi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur sebagai Pjs Bupati Ngawi, Dr Mhd Aftabuddin Rial Uzzaman SPL MS, Kepała Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Jatim sebagai Pjs Bupati Situbondo.

BACA JUGA:Ruangan Anak Buah Digeledah KPK, Pj Gubernur Jatim Sebut Bagian dari Mencari Data

Kategori :