120 ASN Pemkab Tulungagung Ikuti Sosialisasi dan Penerapan ASB pada Penyusunan APBD 2025

Rabu 18-09-2024,18:35 WIB
Reporter : Ahmad Rifai
Editor : Ferry Ardi Setiawan

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM.CO.ID - Pemkab Tulungagung menggelar Sosialisasi dan Penerapan Analisis Standar Belanja (ASB) pada penyusunan APBD Tahun 2025 Kabupaten Tulungagung, Rabu 18 September 2024.

BACA JUGA:Tekan Angka Backlog Perumahan, Pemkab Tulungagung Gelar Perkim Expo 2024

Kegiatan yang dihadiri 120 ASN staf perencanaan dari seluruh OPD di Kabupaten Tulungagung ini dibuka Sekda Tri Hariyadi.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Berikan Penghargaan Satyalencana Karya Satya pada Peringatan HUT ke 79 RI

Tri Hariyadi mengatakan, sosialisasi dilakukan guna memaksimalkan penggunaan anggaran APBD sesuai dengan perencanaan yang ada.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Bantah Klaim Sejumlah Pulau di Wilayah Kabupaten Trenggalek

"Harapannya ketika diimplementasikan sekarang, maka tahun 2025 nanti pemanfaatan APBD nya sudah sesuai dengan rencana yang matang," ujarnya.

BACA JUGA:Pemkab Dukung Akselerasi Gadis Bersinar BNN Tulungagung

Mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung itu menjelaskan, dengan adanya perencanaan penggunaan anggaran yang baik, diharapkan penggunaan anggarannya bisa lebih maksimal, sehingga bisa menghindari pemborosan maupun anggaran yang tidak terserap karena perencanaan yang kurang baik.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Gelar Pisah Sambut Komandan Kodim 0807

"Selain menghindari pemborosan, ini juga untuk menekan agar SILPA bisa terus ditekan, semakin tahun bisa semakin mendekati 0," tuturnya.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Bersama Bea Cukai TMP C Blitar Musnahkan Rokok dan Miras Ilegal

Tri Hariyadi menyebut, dengan perencanaan yang baik dan detail sesuai aturan, maka anggaran yang telah dianggarkan bisa diserap dengan maksimal, dan pembangunan fisik maupun non fisik bisa terlaksana sesuai rencana.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Anggarkan Rp2,7 M untuk Lahan Perumahan Pegawai Kejari

"Yang kita undang itu semua staf perencanaan di masing-masing OPD dan kita datangkan narasumber dari profesional," pungkasnya. (fir/fai)

Kategori :