Wakapolres Bangkalan Hadiri Maulid Nabi di Ponpes Tahfidzul Qur’an Darul Ulum

Rabu 18-09-2024,09:00 WIB
Reporter : Rahmad Hidayat
Editor : Muhammad Ridho

BANGKALAN, MEMORANDUM.CO.ID - Mewakili Kapolres Bangkalan, AKBP Febri Isman Jaya, Wakapolres Kompol Andi Febrianto  Ali hadir bersama komunitas Ulama Hos di kegiatan Maulid Nabi Muhamaad SAW di Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidzul Qur’an Darul Ulum, Jalan KH Moh Yasin, Kecamatan Bangkalan.

Pamen Polri putra asli daerah Bangkalan ini mengikuti mata rantai acara Maulid Nabi yang mengusung tema Menumbuhkan Kecintaan Kepada Nabi Muhammad SAW melalui Sohlawatan. Momen ini  juga diniati untuk haul pendiri Ponpes Nurul Cholil, salah satu ponpes besar di Kabupaten Bangkalan.

“Setiap kali ada undangan dari Kiai (ulama) untuk kegiatan keagamaan, baik Bapak Kapolres maupun PJU yang ditunjuk untuk mewakili beliau, Isnya Allah selalu hadir. Termasuk dalam acara Maulid Nabi,” jelas Kompol Andi.

BACA JUGA:Wakapolres Bangkalan Ajak Warga Bersinergi Dukung Deklrasi Damai Pilkada Serentak

Komitmen ini tidak hanya terjadi di lingkup Polres, tetapi juga ditekuni para Kapolsek di 17 Polsek jajaran. Ini membuktikan bahwa kemitraan Polres dengan para Ulama pengasuh ratusan Ponpes yang tersebar di 18 kecamatan yang membawahi 273 desa dan 8 kelurahan, tetap eksis berkesinambungan.

“Jalinan kemitraan ini harus tetap kita pelihara,” ucap Kompol Andi.

BACA JUGA:Sejumlah Desa Banjir, Wakapolres Bangkalan Gerak Cepat Evakuasi Warga

Sebab para Kiai dan Ustadz pengasuh Ponpes, tidak hanya menjadi suar pendidikan mental sipiritual bagi mayoritas Umat Islam di Kabupaten Bangkalan.  

Lebih dari itu, para Kiai pengasuh Ponpes,  juga jadi panutan umat untuk berbudi pekerti luhur sesuai akidah dan syariat Islam. Termasuk figur panutan dalam memelihara harkamtibmas dalam strata kehidupan sosial.

“ Jadi missi luhur para ulama pegasuh Ponpes, jelas identik dan  sejalan dengan amanah tugas Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyratakat,” kata Kompol Andi.

 BACA JUGA:Wujud Kepedulian, Wakapolres Bangkalan Bersama PJU Jenguk Anggota yang Sakit

Karenanya, sebelum dan seusai acara Maulid Nabi di Ponpes Tahfidzul Qur’an Darul Ulum, Wakapolres sempat berdialog santai dengan komunitas ulama. Diantaranya, Kompol Andi sempat sisipkan pesan agar para Kiai tetap menjadii pilar yang strategis untuk megedukasi masyarakat. Termasuk inten menyerukan ajakan untuk jaga dan kawal harkamtibmas di lingkungan sosial.

Terutama menjelang Pilbup Bangkalan sebagai bagian dari agenda Pilkada serentak yang akan dihelat 27 November 2024 nanti, Wakapolres berharap agar para Kiai ikut mengedukasi umat. Tidak hanya untuk jaga kamtibmas.

Tetapi, juga ada di lini terdepan untuk memotivasi masyarakat  untuk mensukseskan Pilbup  di Kabupaten Bangkalan.

“Tujuannya, agar Pilbup  berjalan jurdil, tertib, aman dan bermartabat,” pungkas Kompol Andi.(ras/day)

Kategori :