Cegah Balap Liar, Satlantas Gelar Patroli Akses Jembatan Suramadu

Selasa 17-09-2024,12:51 WIB
Reporter : Herry Sunaryo
Editor : Fatkhul Aziz

BANGKALAN, MEMORANDUM.CO.ID - Satlantas Polres Bangkalan memblokade akses Jembatan Suramadu. Upaya ini, untuk mengantisipasi aksi balapan liar.

Kapolres Bangkalan AKBP Ferbri Isman Jaya menyampaikan, mengantisipasi balap motor liar yang membahayakan. Dipimpin Kasat Lantas, AKP Diyon Fitrianto, belasan personel satlantas menyisir dan memblokade sepanjang jalan akses Jembatan Suramadu. Mereka menggunakan  mobil patroli, giat patroli dini hari bertajuk Mahameru Lalin  (Mewujudkan Harmoni Masyarakat yang Empati, Responsif dan Unggul dalam Berlalu Lintas) Minggu dan Senin 16 September 2024 dini melibatkan PJU di lingkup Sat Lantas. Diantaranya Kanit Turjawali dan Kanit Gakkum Satlantas. Lengkap dengan anggota mereka. ”Sesuai amanah Bapak Kapolres kegiatan patroli  fokus di sepanjang jalan akses Jembatan Suramadu sisi Madura,” jelas AKP Diyon.

BACA JUGA:Tim Resmob Polres Bangkalan Amankan Pelaku Curanmor Mrandung

Karena akses jembatan Suramadu membentang dari Kecamatan Burneh hingga Kecamatan Labang, jalan akses di Desa Masaran, Kecamatan Tragah,  kerap dijadikan jujukan untuk ajang balap motor liar.

”Balapan liar berbahaya dan berpotensi bagi kemungkinan terjadinya lakalantas,” tandas AKP Diyon.

Bagi penegandara R2 dan R4 serta ragam kendaran lain yang melintas di jalan akses. Sebab setiap malam, lalu-lalang arus kendaraan baik dari arah Madura maupun Kota Surabaya, masih relatif padat.

BACA JUGA:Polres Bangkalan Sosialisasi Pelestarian Seni Lawak di Hadapan Guru TK

Itu sebabnya, Patroli Mahameru Lalin rutin digalakkan setiap malam akhir pekan. Ruas jalan yang kaprah dijadikan lintas balap liar diblokade oleh mobil patroli Satlantas. 

Personel satlantas juga menyisir sepanjang jalan akses. Setiap kali ada kelompok pemuda dan remaja yang bergerombol. ”Mereka kami edukasi agar mematuhi tertib lalin. Jangan kebut-kebutan, apa lagi menggelar kegiatan terlarang balap liar,” urai AKP Diyon. 

Motor R2 yang dimodikasi, termasuk menggunakan knalpot brong, diarahkan agar  dikembalikan pada bentuk semula.

BACA JUGA:Polres Bangkalan Tingkatkan Peran 4 Pokja Satgas Saber Pungli

Syukurlah, berkat rutinitas giat patroli dini hari bertajuk Mahameru Lalin, sikon sepanjang akses jembatan Suramadu sisi Madura dalam beberapa pekan terakhir, menurut Kasat Lantas, terpantau aman terkendali. Juga bersih dari aksi balap motor liar. (ras/day)

Kategori :