Plt Bupati Subandi Sidak Sungai Segodobancang Tarik Sidoarjo

Senin 16-09-2024,15:34 WIB
Reporter : Budi Joko Santoso
Editor : Fatkhul Aziz

SIDOARJO, MEMORANDUM.CO.ID - Plt Bupati Sidoarjo Subandi kerja keras meski di hari libur. Senin 16 September 2024, Abah Bandi, sapaan akrabnya, sidak di Sungai Segodobancang, Tarik. Ia sidak bersama Kepala Desa (Kades) Segodobancang, Slamet Riyanto.

Subandi mengatakan, sungai tidak boleh jadi tempat pembuangan sampah. "Kalau ada sampah di jalan atau sungai  cepat sampaikan ke Pak Camat, terus dikoordinasikan dengan kepala desa. Selanjutnya, kita petakan antardesa," ujar Subandi 

Subandi juga menyampaikan solusi masalah terkait sampah. Yakni TPST. "Nanti kita siapkan TPST agar tiap desa tidak ada masalah sampah lagi," jelasnya.

BACA JUGA:Ini Pesan Presiden kepada Plt Bupati Sidoarjo Subandi

Namun, lanjut Subandi, meski ada TPST, kalau masyarakat belum ada kesadaran, tidak mungkin masalah sampai bisa selesai. "Harus menyadarkan masyarakat. Jangan sampai membuang sampah di sungai," urainya.

Soal sampah, masih kata Subandi, bisa dikasih Perdes. Biar masyarakat juga peka dan berhati-hati serta tidak membuang sampah seenaknya sendiri.

Kades Segodobancang  Slamet Riyanto Kepala desa Segodobancang mengatakan, ia sudah menyampaikan soal sampah di sungai kepada warga. Ia bersama warga juga sudah kerja bakti. "Dulu sudah kita usulkan, bahkan sudah membuat peraturan desa yang intinya siapa yang membuang sampah di sungai bakal didenda Rp 500.000," ujar pak kades.

BACA JUGA:Plt Bupati Sidoarjo Subandi Kukuhkan Pengurus BPD Tahun 2024-2029

Namun, lanjut pak kades, desa lain juga harus membuat perdes yang sama. Kalau tidak dan warga desa tetangga tetap membuang sampai ke sungai, sampah itu bakal menumpuk di sungai dan akhirnya tetap membuat Sungai Desa Segodobancang penuh sampah.

Pak kades bersyukur Plt Bupati Sidoarjo sidak ke Sungai Segodobancang. "Alhamdulillah Pak Bupati sidak ke sini. Biar tahu persis kondisi di lapangan," jelasnya.(m suud/jokosan)

Kategori :