Definisi Sukses Itu Adalah Bahagia

Minggu 15-09-2024,07:34 WIB
Reporter : Sabila Yassaroh
Editor : Agus Supriyadi

SURABAYA, MEMORANDUM - Sukses tidak serta merta bisa didapatkan hanya dengan kecerdasan intelektual saja. Sukses itu adalah bahagia.

Demikian disampaikan Dekan Fakultas Keislaman Trunojoyo, Dr. Holis, S. HI., M. HI saat menjadi narasumber dalam acara yang digelar oleh Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) di Masjid Baitul Makmur 1 Kampus Unesa Ketintang, Sabtu 14 September 2024.

"Kesuksesan itu apabila kita bisa menggunakan kecerdasan intelektual, spiritual, dan emosional dengan baik. Tidak serta merta hanya dengan intelektual saja," ujar Holis.

Dicontohkan bahwa seorang sarjana yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,8 pun tidak menjamin dirinya akan mendapat pekerjaan dan sukses. Hal itu bisa terjadi karena hanya mengandalkan kecerdasan intelektual tanpa dibarengi dengan kecerdasan spiritual.

BACA JUGA:Diancam Celurit, Beat Mahasiswa Unesa Dibawa Kabur

BACA JUGA:Pelatihan BIPA Unesa Penunjang Kesiapan Pengajar Bahasa Indonesia Berkualitas

Disampaikan juga oleh Holis bahwa manusia itu adalah makhluk yang perlu untuk bersosialisasi. Akan susah hidupnya apabila dia hidup sendiri.

Tiga faktor yang mempengaruhi sifat manusia adalah keluarga, sekolah/pertemanan, dan masyarakat. Maka, perlu untuk mencari komunitas yang baik agar bisa mendukung ke dalam kebaikan.

Saat sesi tanya jawab, Holis menekankan bahwa definisi sukses itu adalah bahagia.

"Ada orang kaya, banyak uang, materi melimpah, tapi dia tidak merasakan ketenangan dan kebahagiaan. Dia memang sukses materi, tapi siapa yang tahu hatinya? Ada juga dia yang miskin, tapi karena dia bersyukur, memiliki ketakwaan, dia merasa Bahagia," urainya.

Kajian tersebut merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan UKKI Festival, dimana tahun  ini mengusung tema "Meningkatkan Religiusitas dan Mengeratkan Ukhuwah Antarsesama demi Menggapai Ridho Allah Ta'ala."

Selain menggelar kajian, juga digelar acara donor darah. Kegiatan ini bekerjasama dengan PMI Kota Surabaya yang dimulai sejak pukul 7.30-11.00 WIB. Dari kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan 19 kantong darah.

Ada juga bazar. Terdapat total 12 stand yang menjual berbagai jenis barang. Mulai dari makanan, pakaian, hingga pernak-pernik lucu seperti gelang dan cincin. Bazar yang digelar di samping danau Unesa Ketintang ini dimulai sejak pukul 09.00-15.00 WIB.

Seluruh rangkaian acara UKKI Festival ini diharapkan dapat meningkatkan religiusitas setiap individu dan mengeratkan ukhuwah antarsesama.

Kategori :