Mengenal 3 Bupati Madiun yang Menjabat Selama Dua Periode Berturut-turut

Sabtu 07-09-2024,08:09 WIB
Reporter : Intan Oktavia Firnanda
Editor : Agus Supriyadi

MEMORANDUM.CO.ID - Kabupaten Madiun yang dikenal dengan keindahan alam dan kekayaan budayanya, telah dipimpin oleh sejumlah bupati yang mampu membawa perubahan signifikan.

Di antara banyaknya pemimpin daerah, ada tiga nama yang menonjol karena berhasil memimpin Kabupaten Madiun selama dua periode berturut-turut.

Kepercayaan masyarakat yang begitu besar kepada ketiga bupati ini tentu bukan tanpa alasan. Mari kita bahas lebih dalam mengenai kiprah dan kontribusi mereka.

1. Ir. S. Kadiono
Ir. S. Kadiono adalah Bupati ke-34 Kabupaten Madiun, Jawa Timur yang dikenal dengan visi pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat.
 
Selama masa jabatan sebanyak dua periode dari 1988-1993 dan 1993-1998, ia berfokus pada pengembangan infrastruktur, peningkatan layanan publik, dan penguatan ekonomi lokal.

Pemahamannya tentang kebutuhan dan potensi di daerah Madiun menjadi acuan utama dalam kinerja masa jabatan.

Ia dikenal sebagai pemimpin yang dekat dengan masyarakat karena sering terjun langsung untuk memantau kondisi pelaksanaan proyek-proyek pemerintah dan sering menampung segala aspirasi warga.

Hal tersebut berhasil mendorong dan memberikan dampak langsung pada peningkatan kualitas hidup warga Madiun.

Janji terhadap kepemimpinan yang transparan mampu menjadikannya salah satu pemimpin daerah yang dihormati dengan bukti mampu menjabat selama dua periode berturut-turut.

Beberapa bukti menunjukkan hasil kinerjanya mampu membuat Kabupaten Madiun berkembang menjadi daerah yang lebih maju.

2. H. KRH. Djunaedi Mahendra SH, M.Si
H. KRH. Djunaedi Mahendra SH, M.Si adalah Bupati ke-35 Kabupaten Madiun, Jawa Timur yang memimpin dengan pengabdian tinggi terhadap pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Berlatar belakang Sarjana Hukum (SH) dan Magister Ilmu Sosial, ia dikenal sebagai pemimpin yang menjunjung tinggi keadilan, keseimbangan, dan transparansi dalam setiap kebijakannya.

Selama dua periode menjabat yakni 1998-2003 dan 2003-2008, ia berfokus pada pengembangan SDM, peningkatan infrastruktur, dan penguatan sektor pertanian serta industri kreatif.

Selain itu, peningkatan pada pendidikan dan kesehatan menjadi satu dari sekian kinerjanya guna membangun masyarakat yang mampu memiliki daya saing.

Seperti halnya Ir. S. Kadiono, ia juga menjadi Bupati yang rendah hati dan dekat dengan masyarakat sehingga dirinya sangat dicintai dan dihormati.

Dibawah kepemimpinannya, Kabupaten Madiun mengalami kemajuan signifikan dalam berbagai sektor dan berhasil memeprkuat posisi Madiun sebagai salah satu Kabupaten yang diperhitungkan di tingkat provinsi maupun nasional berdasarkan inovasi dan program berkelanjutannya.

3. H. Muhtarom S.Sos
H. Muhtarom, S.Sos adalah bupati ke-36 Madiun yang menjabat selama dua periode, yakni 2008 - 2013 dan 2013 - 2018 dan pernah menjadi wali kota sementara untuk Kota Madiun.

Ia lahir pada 10 Maret 1956 di Madiun, Jawa Timur.

Pada pilkada Madiun 2008, H. Muhtarom, S.Sos berhasil mendapat jabatan dengan menggandeng Iswanto bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Tahun 2013 diadakan kembali pilkada Madiun, pasangan H. Muhtarom, S.Sos dan Iswanto mampu menerima kembali kepercayaan masyarakat untuk memimpin sebagai Bupati.

Dalam masa jabatan, fokus kinerjanya ditekankan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengembangan infrastruktur, dan penguatan sektor pendidikan serta kesehatan.

Ia sangat mendukung adanya pengembangan sektor pertanian dan Usaha Kecil Menengah (UKM) guna meningkatkan perekonomian daerah.

Di bawah kepemimpinan H. Muhtarom, Kabupaten Madiun mengalami banyak kemajuan, baik dari segi pembangunan fisik maupun kualitas hidup masyarakat.

Selain nama-nama di atas, terdapat nama lain yang juga pernah menjabat selama dua periode. (mg36)

Kategori :