6 Sekolah Diverifikasi Lapangan sebagai Calon Adiwiyata Tingkat Kabupaten Lumajang

Kamis 05-09-2024,18:08 WIB
Reporter : Agus Sucipto
Editor : Ferry Ardi Setiawan

LUMAJANG, MEMORANDUM.CO.ID - Tim verifikator calon sekolah adiwiyata tingkat kabupaten yang terdiri dari perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang melakukan kunjungan lapangan di beberapa sekolah Calon Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Tahun 2024.

BACA JUGA:DLH Lumajang Gandeng Masyarakat Resik-resik Pantai Watu Pecak

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengevaluasi implementasi program lingkungan di masing-masing sekolah, termasuk manajemen pengelolaan sampah, pengelolaan energi, dan kegiatan pelestarian lingkungan. T

im verifikator juga memeriksa berbagai aspek, seperti kebersihan lingkungan sekolah, adanya kebun sekolah, serta keterlibatan siswa dan guru dalam kegiatan lingkungan.

BACA JUGA:Normalisasi Curah Tepi Jalan Raya Klakah, Forkopimcam Gandeng UPT PU SDA dan DLH

"Ada enam sekolah yang akan dilakukan kunjungan lapangan, ini masih ada beberapa sekolah yang belum," ujar Tim Verifikator DLH Kabupaten Lumajang Agus Priosantoso saat dikonfirmasi di kantornya, Kamis 5 September 2024.

BACA JUGA:Ngopi di DLH Lumajang Bayar Sampah Plastik

Program Adiwiyata merupakan salah satu program pemerintah untuk mendorong sekolah menerapkan prinsip pendidikan lingkungan hidup yang berkelanjutan. Harapannya dapat meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa dan warga sekolah.

BACA JUGA:DLH Lumajang Kawal Realisasi Tuntutan Warga ke PT. MJI Candipuro

"Kami berharap hasil dari verifikasi ini dapat memotivasi sekolah untuk lebih aktif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan," lanjut Agus.

Ia pun menjelaskan, sekolah yang nantinya lolos dan ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten, akan diusulkan untuk mengikuti penilaian Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Jatim.

BACA JUGA:DLH Lumajang Bantah Persulit Perizinan PT LUIS

"Dari verlap ini nanti akan ditetapkan Sekolah Adiwiyata Kabupaten yang akan diusulkan Jadi Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi Tahun 2024," pungkasnya. (ags)

Kategori :