Masyarakat di Pasuruan Dilatih Hadapi Mitigasi Bencana

Rabu 04-09-2024,20:23 WIB
Reporter : Hari Mujianto/Muhammad Hidayat
Editor : Ferry Ardi Setiawan

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Pemkab Pasuruan bekerjasama dengan mitra dari Pemerintah Australia, menggelar sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana Joint Monitoring Mission (JMM) 2024. Kegiatan yang dipusatkan di Desa Bandaran, Kecamatan Winongan, Rabu 4 September 2024, ini melibatkan langsung masyarakat dari empat desa yang kerap terdampak banjir.

BACA JUGA: Banyak Pejabat Pemkab Pasuruan Rangkap Jabatan

Deputi Bidang Pencegahan, Prasinta Dewi, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya, sosialisasi dan pelatihan semacam ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana. 

BACA JUGA:Pemkab Pasuruan Siap Antisipasi Kekeringan saat Datang La Nina

"Pelatihan-pelatihan ini harus menjadi budaya, sehingga masyarakat benar-benar memahami arti dari 'siap untuk selamat'," tegas Prasinta Dewi. 

BACA JUGA:Pemkab Pasuruan Komitmen Tingkatkan SPBE

Senada dengan Prasinta, Chaterin selaku perwakilan dari Pemerintah Australia juga memberikan apresiasi atas antusiasme masyarakat dalam mengikuti simulasi. 

BACA JUGA:Ketua Peradi Kabupaten Pasuruan Desak Pemkab Beri Hukuman Berat Mantan Kasitrantib Beji

"Saya sangat kagum dengan masyarakat di sini. Mereka sangat terlibat dan antusias dalam belajar penanganan darurat bencana," pujinya.

BACA JUGA:3 Pejabat Pemkab Pasuruan Terancam Sanksi Terkait Netralitas ASN

Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko berharap melalui kegiatan ini, setiap kecamatan di Kabupaten Pasuruan dapat menjadi kecamatan tangguh bencana. 

BACA JUGA:Kejaksaan Tahan Mantan Kepala BPKPD Pemkab Pasuruan, Terkait Dugaan Gratifikasi

"Kita memiliki potensi bencana yang beragam, sehingga pemahaman tentang penanganan bencana harus sampai ke tingkat desa," ujarnya.

BACA JUGA:Dewan Panggil Baperjakat, Mutasi Pejabat Pemkab Dinilai Kurang Tepat

Kegiatan simulasi ini difokuskan di Kecamatan Winongan. Wilayah ini dikenal sebagai kawasan rawan banjir. Empat desa di kecamatan ini, yaitu Prodo, Bandaran, Winongan Kidul, dan Winongan Lor, kerap dilanda banjir saat musim hujan tiba.

Kategori :