Pj Wali Kota Malang Minta Parkir Kayutangan segera Ditata

Selasa 03-09-2024,19:23 WIB
Reporter : Ariful Huda
Editor : Ferry Ardi Setiawan

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Semakin tingginya animo masyarakat dan wisatawan ke kawasan Kayutangan menjadi tantangan tersendiri bagi Pemkot Malang. Sejak dikemas menjadi kawasan wisata heritage beberapa waktu lalu, Kayutangan menjelma menjadi destinasi wisata favorit yang tak pernah sepi pengunjung.

BACA JUGA:Tangani Isu Strategis, Pj Wali Kota Iwan Libatkan Forum TSP

Salah satu dampak logis yang paling kentara yaitu tingginya volume parkir kendaraan hingga tak jarang menimbulkan kemacetan. Hal ini menjadi perhatian Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan yang menginstruksikan penataan parkir ini bisa segera dilakukan.

BACA JUGA:Gebyar Sadar Pajak I 2024, Pj Wali Kota Malang Harap Akhir Tahun Target Pajak Terpenuhi

Persoalan ini menjadi isu utama yang dibahas saat rakor terbatas dengan jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, di Ruang Rapat Wali Kota Malang, Selasa 3 September 2024. Hadir pula Sekretaris Daerah Kota Malang, Asisten Administrasi Pembangunan, Kepala Bappeda, Kepala BKAD, Kepala Dinas PUPRPKP, Kepala Bagian Hukum, serta dari Satpol PP Kota Malang.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Kawal Proses Pengusulan Revitalisasi Pasar Besar

Dalam rakor ini, Kepala Dishub Kota Malang R Widjaja menjelaskan secara teknis rencana penataan parkir kawasan Kayutangan. Disampaikan, secara detail memaparkan tahapan-tahapan yang sudah dan akan dilakukan dalam rangka penataan parkir di Kayutangan.

BACA JUGA:Serahkan Hadiah Lomba Agustusan, Pj Wali Kota Iwan Kurniawan Sebut Wujud Kolaborasi yang Baik

Usai mendengarkan paparan Kadishub Kota Malang, Pj Wali Kota Malang mengatakan penataan parkir harus segera dilakukan. Salah satu langkah solutif dalam penataan parkir Kayutangan yaitu dengan menyediakan lokasi khusus yang diperuntukkan untuk parkir pengunjung.

BACA JUGA:Gowes Bareng di Pedalling for Freedom, Pj Wali Kota Iwan Kuatkan Kota Malang untuk Sport Tourism

“Kayutangan ini salah satu potensi wisata Kota Malang yang perlu untuk terus kita upgrade dan disempurnakan, kita perlu fokus bagaimana penataan parkir nya. Solusinya kita upayakan lokasi khusus agar ini (Kayutangan, red) estetika lingkungan nya semakin bagus. Ini sebagai upaya kita dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” kata Pj Wali Kota Malang.

Lebih lanjut, Iwan mendukung tahapan-tahapan yang sudah dirancang tetapi juga mengingatkan tetap memperhatikan dasar aturan yang ada. Diharapkan, setiap tahapan dan proses sudah clean and clear. 

BACA JUGA:Meriahkan Malang Flower Carnival, Pj Wali Kota Iwan Sebut Kreativitas Kota Malang Luar Biasa

Bahkan Pj Wali Kota Malang ini menginstruksikan awal tahun 2025, intervensi Pemkot Malang terhadap penataan lahan parkir ini sudah bisa dilakukan.

“Saya mendukung tahapan-tahapan yang disampaikan Pak Kadis (Kadishub, red), dan kita tetap berpegang pada aturan yang ada, semuanya harus clean and clear agar kita semua nyaman. Kita libatkan stakeholder terkait, kita paparkan, intinya kita terbuka dan transparan agar ini jadi lesson learn yang bisa kita realisasikan bersama,” terangnya.

Kategori :