Pj Wali Kota Batu Pimpin Upacara Hari Pramuka Ke-63

Senin 02-09-2024,16:07 WIB
Reporter : Ariful Huda
Editor : Fatkhul Aziz

BATU, MEMORANDUM.CO.ID - Sebanyak 7.500 siswa gabungan SD, SMP, SMA dan SMK se Malang Raya mengikuti apel hari Pramuka ke-63 tahun. Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai selaku Ketua Majelis Pembina Cabang Pramuka (Mabicab) Kota Batu menjadi pembina upacara hari Pramuka ke – 63 tahun di Stadion Dalam Brantas Batu, Senin 2 September 2024.

Pj Walikota Batu  mengatakan,  memperingati Hari Pramuka Ke-63, sebagai bukti cinta Pramuka, senang dengan aktivitas yang dilakukan Pramuka.Penyelenggaraan apel ini peringatan Pramuka ke-63 di Batu terbesar  pesertanya se Malangraya, ada 7.500 siswa gabungan SD,SMP, SMA dan SMK.

"Hal ini menunjukkan semangat pelajar atau generasi muda terhadap Pramuka di kota Batu cukup tinggi. Mereka tertarik dengan kecakapan dan keterampilan yang bermanfaat, baik di lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari, utama dalam peningkatan kedisiplinan dan kepimpinan yang ditanamkan Pramuka " Terang Aries.

BACA JUGA:Pemkot Batu dan Bank Jatim Perkuat Sinergi Tingkatkan Pelayanan Publik dan Pendapatan Daerah

Menurut Dia,  yang juga sebagai Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur menyebutkan dalam butir- butir Pramuka banyak pendidikan yang ditanamkan dalam anggotanya seperti kepemimpinan, kemandirian dan akhlak sehingga dari Batu akan muncul Pramuka Mandiri, Teladan dan Pramuka Garuda.

“Gerakan Pramuka sangatlah tepat untuk mengkanalisasi situasi saat ini. Gerakan Pramuka memberikan pendidikan ketrampilan, kemandirian, kepemimpinan  serta dilengkapi dengan kecerdasan yang dilandasi keagamaan. Pramuka tidak hanya mengajarkan disiplin dan tanggung jawab, tetapi untuk menghargai jasa-jasa pendiri pramuka serta memperat tali silaturahmi antar sesama,” Imbuhnya.

Sementara itu Punjul Santoso  Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Batu mengatakan diperingatan  Hari Pramuka di Batu diisi  dengan berbagai kegiatan, baik seremonial, sosial maupun bakti. 

BACA JUGA:Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pemkot Batu dan DPRD Sepakati Perubahan APBD

Kegiatan memperingati Hari Pramuka yang ditetapkan sebagai bulan bakti pramuka bertujuan sebagai aktualisasi organisasi di tengah-tengah masyarakat.

“Gerakan Pramuka bukanlah lembaga sosial, namun Gerakan Pramuka mengajarkan anggotanya untuk memiliki rasa dan jiwa sosial, serta memberikan bantuan dan pertolongan sebagaimana Prinsip Dasar dan Metode Pendidikan Kepramukaan”, Tandasnya.

Diterankan, kegiatan yang telah dilaksanakan dan diikuti oleh Kwartir Cabang Batu diantaranya kerjasama dengan dengan Dinas Kesehatab dana vaksinasi Covic 19, membantu pengungsian tanah gerak didesa Gunungsari, dan membantu memdirikan dapur umum ketika  Gunung Semeru Erupsi. 

BACA JUGA:Tingkatkan Penerapan ETPD, Bank Jatim Bersama Pemkot Batu Launching KKPD

Disamping itu dilakukan pembinaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan tingkat Lanjutan ( KML ) yaitu kegiatan pendidikan dan pelatihan yang bertujuan untuk mempersiapkan calon pembina Pramuka dengan memberikan materi-materi Dasar Kepramukaan dan lanjutan ada 200 pembina mahir yang setiap diterjunkan ke Gugus depan

Menurut Punjul, Kegiatan untuk meningkatkan kemampuan ketrampilan anggota diantaranya pesta siaga, giat prestasi penggalang, jambore Raimuna dan Jambore on the air.

"Kita berharap dengan berkerja keras untuk majukan gerakan Pramuka agar tercapai dalam mewujudkan Pramuka handal " imbuhnya.

Kategori :