KORMI Kota Malang Jajaki Kerjasama dengan FIK UM

Senin 02-09-2024,13:26 WIB
Reporter : Ariful Huda
Editor : Fatkhul Aziz

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Kota Malang mematangkan kerjasama dengan FIK (Fakultas Ilmu Keolahragaan) Universitas Malang. 

Ini untuk menguatkan hubungan antar lembaga sehingga dapat bersinergi dan berkolaborasi untuk meningkatkan eksistensi kelembagaan. Harapannya, kerjasama ini berdampak pada  meningkatnya derajat kebugaran dan kesehatan masyarakat Kota Malang.

Pembahasan kerjasama dilakukan pas pertemuan kedua lembaga pada kegiatan 'Sosialisasi KORMI Kota Malang bersama FIK UM', di Kantor KORMI Kota Malang, Senin 02 September 2024.

BACA JUGA:Buka Lomba Senam Tera Indonesia, Ketum KORMI Bung Edi Ajak Tingkatkan Kebugaran

Ketua Harian KORMI Kota Malang Edy Wahyono menyambut baik kerjasama antar lembaga ini. "Kami merespons positif adanya kerjasama ini karena ini akan sangat bermanfaat bagi KORMI Kota Malang untuk meningkatkan kompetensi pengurus KORMI, pelatih atau instruktur Inorga dan penguat olahraga," katanya.

Sekjen KORMI Kota Malang HrM Achjadi menyebutkan saat ini KORMI Kota Malang terus berbenah untuk menguatkan kelembagaan hingga di tingkat Inorga. "Agar kami memiliki kesiapan yang baik untuk mengembangkan olahraga masyarakat di Kota Malang agar derajat kebugaran dan kesehatan terus meningkat," terangnya.

BACA JUGA:Ratusan Pemandu Sorak Unjuk Prestasi, Ketum KORMI Kota Malang Sampaikan Ini

KORMI merupakan lembaga resmi yang berdasarkan pada UU 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan. Kini, KORMI Kota Malang telah menaungi sekitar 52 Inorga (Induk Organisasi Olahraga) yang terbagi pada 3 komisi yaitu OTKB (Organisasi Tradisional dan Kreasi Budaya), OKK (Olahraga Kesehatan dan Kebugaran) OPT (Olahraga Petualangan dan Tantangan).

Sementara itu, Dr Surya Adi MPd mewakili tim FIK UM menyampaikan pihaknya memiliki tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, pengabdian dan penelitian yang mendasari perlunya kerjasama antar lembaga.

"Di universitas ada tri dharma perguruan tinggi, kebetulan di FIK ada banyak dosen yang mendapatkan proposal penelitian dari tahun ke tahun meningkat," katanya.

BACA JUGA:Apresiasi Event FORKOT, Pj Wali Kota Wahyu Hidayat : KORMI Kota Malang Paling Aktif

Surya menyebutkan akan melibatkan KORMI dalam penguatan materi perkuliahan pada mahasiswa.

Selain itu, FIK juga akan membantu KORMI untuk penguatan lembaga. Diantaranya, bersedia terlibat dalam merumuskan konsep dalam pengembangan olahraga masyarakat. "Kami mungkin bisa menyiapkan instrumennya," kata Surya Adi seraya mengatakan siap berkolaborasi dalam berbagai kegiatan baik akademik maupun non akademik. (ari)

Kategori :