Wawali Mas Adi Pimpin Apel Bersama Anggota PMI dan PMR

Sabtu 31-08-2024,20:02 WIB
Reporter : Muhamad Hidayat
Editor : Muhammad Ridho

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Wakil Wali Kota Pasuruan,  H Adi Wibowo (Mas Adi) memimpin apel pembukaan latihan gabungan Palang Merah Remaja (PMR). Acara dipusatkan di lingkungan SMPN 5, Sabtu 31 Agustus 2024, sore.

Latihan gabungan ini diikuti seluruh SMP se Kota Pasuruan. Secara umum, latihan gabungan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ke palangmerahan kepada seluruh anggota. Selain itu, sebagai evaluasi dan menjalin keakraban antar sesama anggota PMR di Kota Pasuruan. 

Latihan gabungan merupakan upaya untuk melakukan tranformasi antara PMI dan PMR. Yakni, bagaimana menyikapi sosial masyarakat, bagaimana belajar tentang kepemimpinan, dan bagaimana menguatkan prinsip kepalangmerahan.

BACA JUGA:PMI Kota Pasuruan Kekurangan Stok Darah

Dalam sambutannya, Mas Adi menyampaikan, anggota melaksanakan prinsip kepalangmerahan yang menjadi misi kemanusiaan.

"Anak-anakku semua PMR, PMI yang menjadi peranan penting dalam perjalanan sejarah bagaimana PMI hadir di tengah-tengah masyarakat dengan memegang prinsip yang menjadi dasar pondasi universal untuk berperan di tengah masyarakat. Karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Maka PMI dan PMR harus siap menjadi orang pertama memberikan manfaat bagi orang lain," ujarnya.

Ia menambahkan prinsip universal ini harus dipegang teguh. Namanya prinsip universal itu tidak memandang siapapun. Tetapi misi kemanusiaan yang harus dijadikan prinsip dalam memberikan manfaat di tengah-tengah masyarakat.

"Hari ini kita melaksanakan latihan gabungan dalam rangka membangun sinergi antara PMR dan PMI. Kemudian terus meningkatkan kapasitas, PMI dan PMR harus terus bertranformasi. Harus mampu beradaptasi terhadap dinamika sosial masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaannya. Dalam kontek kepalangmerahan, maka PMI  dan PMR yang bisa memberikan pertolongan pertama ," tuturnya.

BACA JUGA:Wawali Mas Adi Buka Perlombaan Mural, Rangkaian Road to Festival Bandeng Jelak 2024

Hadir juga Kepala sekolah SMPN 5, tenaga pengajar, anggota PMI, dan diikuti PMR se Kota Pasuruan. (Hari Mujianto/Muhammad Hidayat)

Kategori :