Satu Mengundurkan Diri, 29 Anggota DPRD Kota Pasuruan Dilantik

Jumat 30-08-2024,18:41 WIB
Reporter : Muhamad Hidayat
Editor : Ferry Ardi Setiawan

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Pelantikan anggota DPRD Kota Pasuruan periode 2024-2029 tidak genap 30 orang. Pasalnya satu orang sudah dinyatakan mengundurkan diri, yakni M Nawawi, anggota Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sehingga, pelantikan disertai pengucapan sumpah dan janji Anggota DPRD Kota Pasuruan dilakukan 29 orang. 

BACA JUGA:Kopdar TV9 Bahas Persiapan Memorandum Haji Umrah Expo 2024

Pelantikan digelar di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kota Pasuruan, Jumat 30 Agustus 2024 pagi. Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Gubernur Jawa Timur tentang Peresmian pemberhentian 30 Anggota DPRD Kota Pasuruan periode 2019-2024.

BACA JUGA:Di Hari Terakhir, Yes-Dirham Resmi Mendaftar ke KPU Lamongan

Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaaan surat Gubenur Jatim nomor 100.3.3.1/793/KPTS/011.2/2024 tentang Peresmian pengangkatan Anggota DPRD Kota Pasuruan periode 2024-2029. Pelantikan dipimpin Ketua PN Pasuruan, Tri Margono. 

BACA JUGA:Kemenkumham Maluku Gelar Diskusi Strategi Kebijakan

Soal mundurnya M Nawawi sebagai caleg jadi atau sebagai anggota DPRD periode saat ini, dikarenakan yang bersangkutan telah resmi mendaftarkan diri sebagai Bacawawali Kota Pasuruan. Pendaftaran dilakukan pada Rabu 28 Agustus 2024  siang. 

BACA JUGA:Menteri AHY Berkeliling IKN Bersama Presiden, Wapres RI, Menteri KIM Meninjau Embung hingga Sumbu Kebangsaan

“Ya, saya pada saat mendaftar memang sudah mengajukan pengunduran diri juga. Sehingga tidak mengikuti pelantikan hari ini,” ujar Nawawi saat hadir sebagai undangan di pelantikan dewan. 

BACA JUGA:Reskrim Polsek Jenggawah Bekuk Jambret 8 TKP

Kehadirannya ke acara pelantikan, menurutnya karena diundang oleh sejumlah kolega fraksinya di FKB. 

“Saya diundang teman-teman kesini. Ya, saya hadir untuk menghormati mereka,” tegasnya. 

BACA JUGA:Pererat Silaturahmi, Siswa SDI Al Ikhlas Kunjungi Mapolsek Karangrejo

Kendati tidak dilantik, mantan Ketua Komisi 1 DPRD Kota Periode 2019-2024 ini berpakaian rapi. Setelan jas hitam, berdasi merah dan berkopyah. Sama dengan yang dipakai anggota dewan (FKB) yang dilantik saat itu. Sehingga tak heran, kalau beberapa undangan yang sempat melihat Nawawi usai pelantikan itu sempat gojloki. 

“Lho, Mas, kenapa ndak ikut dilantik juga. Wong sudah pakai jas gitu,” seloroh mereka. 

Kategori :