Ratusan Mahasiswa Baru Unitomo Digembleng Wawasan Kebangsaan di Koarmada II

Kamis 29-08-2024,17:12 WIB
Reporter : Alif Bintang
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Komando Armada (Koarmada) II TNI AL menjadi pusat penggemblengan ratusan mahasiswa baru Universitas Dr Soetomo (Unitomo), Kamis 29 Agustus 2024.

BACA JUGA:Unitomo Tambah Guru Besar di Bidang Ilmu Manajemen Keuangan

Ratusan mahasiswa angkatan 2024 itu mengikuti kegiatan bertajuk Training Activity di Dermaga Madura Markas Koarmada II Ujung.

BACA JUGA:Simposium Nasional Teknik Geomatika Unitomo 2024 Jadi Momentum Percepatan Pemenuhan Peta Dasar di Indonesia

Pada kesempatan ini, Wakil Rektor III Unitomo Sucipto mengatakan, pembekalan tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara bagi para mahasiswa.

BACA JUGA:Unitomo Buka 2 Prodi Baru S1 Kebidanan dan Profesi Kebidanan

"Bagi kami, TNI adalah tempat paling tepat untuk menggembleng mahasiswa baru, supaya memiliki rasa cinta tanah air dan bela negara," kata Sucipto.

BACA JUGA:623 Lulusan Unitomo Diwisuda, Rektor Pesan Beri yang Terbaik dan Terus Belajar

Dia melanjutkan, mahasiswa baru yang masuk di Unitomo berasal dari berbagai macam suku ras, budaya dan agama. Sehingga diperlukan pemahaman tentang nilai kesatua dan persatuan untuk bersama-sama membela negara.

BACA JUGA:Pertama Kali S3 Manajemen FEB Unitomo Luluskan Doktor Baru, Rektor Ucapkan Selamat

Sementara itu, Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Kadispotmar) Koarmada II Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi menjelaskan, bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan tingkat heterogenitas yang tinggi.

BACA JUGA:Peringati Hari Ibu, Ikatan Wanita Unitomo Fashion Show dengan Pakaian Adat

Yakni, meliputi keanekaragaman agama, suku bangsa, budaya dan adat istiadat. Akan tetapi, lanjut Yoga, keanekaragamanan yang dimiliki bangsa Indonesia ini jangan sampai menjadi penghalang untuk tetap bersatu.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Tematik Unitomo Ajarkan Anak SD di Tulangan tentang Mitigasi Bencana

"Situasi saat ini telah membawa teknologi berkembang sangat cepat. Hal ini menuntut kita untuk selalu waspada, utamanya generasi muda dalam menyikapi perubahan yang mengarah kepada integritas bangsa," jelasnya. 

Kategori :