Disambut Pedang Pora, Pangdam V/ Brawijaya Mayjen Rudy Saladin Pesankan Jaga Soliditas

Jumat 23-08-2024,12:29 WIB
Reporter : Tri Haryoko
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Upacara pedang pora mewarnai penyambutan kedatangan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rudy Saladin MA bersama istri untuk bertugas di Kodam V/Brawijaya menggantikan Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Jumat 23 Agustus 2024.

Kehadiran pria lulusan Akmil 1997 di bumi Majapahit ini juga disambut oleh ribuan anggota Kodam V/Brawijaya serta sejumlah ASN Kodam. Dengan mengendarai jip terbuka, Rudy dielukan sejumlah anggota Kodam V/Brawijaya sembari bernyanyi menyambut kedatangan Rudy hingga memasuki pintu gerbang Makodam V/Brawijaya.

Di atas jip terbuka nampak Mayjen Rudy didampingi istri terus melempar senyum kepada anggota serta tak hentinya meyampaikan kata-kata penyemangat kepada para prajurit TNI AD. Sebelumnya Rudy masuk dalam daftar mutasi yang dilakukan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, pada akhir 24 Juli 2024.

BACA JUGA:Eks Ajudan Jokowi Mayjen Rudy Saladin Ditunjuk Jadi Pangdam V/Brawijaya

Selepas acara penyambutan dilanjutkan dengan apel pasukan yang juga dihadiri oleh Mayjen TNI Rafael Granada Baay. Dalam amanatnya Mayjen TNI Rudy Saladin menekankan kepada jajarannya untuk menjaga soliditas. Terlebih tidak lama lagi ada gawe besar yakni perhelatan Pilkada serentak 27 November 2024.

"Saya ingin mengingatkan dua hal yakni ada event cukup besar, dimana kita menjadi tuan rumah HUT TNI, kemudian ada perhelatan Pilkada serentak 2024. Ini memerlukan perhatian bersama, pentingnya kesiapan, moril termasuk fisik. Saya harap semuanya berpedoman pada arahan," ungkap Mayjen TNI Rudy Saladin disela apel bersama prajurit TNI dan ASN itu.

Menurut Mayjen Rudy apel yang di gelar ini merupakan khusus, sebagai bentuk penghormatan kepada Pangdam V/Brawijaya sebelumnya yakni Mayjen TNI Rafael Granada Baay yang saat ini mengemban tugas baru sebagai Pangdam Jaya.

BACA JUGA:Pangdam V/Brawijaya Tutup TMMD 120 Kodim Bojonegoro di Tambakrejo

"Mayjen TNI Rafael Granada Baay telah memimpin Kodam V Brawijaya secara paripurna. Saya sangat bangga menerima tongkat estafet ini. Saya banyak mendengar perhatian beliau kepada kesejahteraan prajurit, kedisplinan anggota, profesionalitas prajurit. Ini akan saya lanjutkan," ujarnya.

Sementara itu Mayjen TNI Rafael Granada Baay dalam apel yang digelar sekaligus menyerahkan seluruh personel TNI dan ASN di lingkup Kodam V Brawijaya kepada Pangdam baru Mayjen TNI Rudy Saladin.

"Dalam kesempatan ini saya juga menyerahkan personel dan materiil satuan Kodam V Brawijaya yang ada pada tanggung jawab saya sebelumnya kepada Mayjen TNI Rudy Saladin. Dengan jumlah personel militar 28.335 dan ASN berjumlah 2.409 orang" kata Mayjen Granada Baay.

BACA JUGA:Kapolres Gresik Hadiri Kunjungan Pangdam V/Brawijaya di Makodim 0817/Gresik

Sekadar catatan, Mayjen Rudy Saladin sebelum menjabat Pangdam Brawijaya, merupakan Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) Kementerian Sekretariat Negara (Kemsetneg). Rudy juga merupakan ajudan Presiden Jokowi sejak 2019 hingga 2021. (yok)

Kategori :