Meriahkan Lomba Senam dan Pidato, Mas Adi: Lansia Harus Hidup Sehat dan Bahagia

Kamis 22-08-2024,16:30 WIB
Reporter : Muhamad Hidayat
Editor : Ferry Ardi Setiawan

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Ratusan lansia memeriahkan Lomba Senam Akupresur dan Lomba Pidato. Kegiatan tersebut diselenggarakan Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) Kota Pasuruan saat peringatan Hari Lanjut Usia (HLUN) ke-28 Tahun 2024. HLUN ini dipusatkan di Gradhika Bhakti Praja pada Kamis 22 Agustus 2024.

BACA JUGA:Kakanwil Kumham Maluku Dorong WBP LPP Ambon Jadi Lebih Baik Melalui Pramuka

Bertajuk Bahagia Bersama Lansia, lomba ini diikuti seluruh siswa Selantang. Dari standar 1 (S1) dan standar 2 (S2). Seleksi perlombaan telah dilaksanakan pada 27 Juli lalu di Taman Sekargadung, Kota Pasuruan. 

BACA JUGA:27 Pasangan di Lamongan Ikuti Itsbat Nikah Terpadu

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi) menerangkan peningkatan populasi lansia di Kota Pasuruan terus bertambah hingga mencapai 21.959 jiwa atau 20.35 persen pada 2022, seiring dengan peningkatan usia harapan hidup manusia. 

BACA JUGA:Imigrasi Tangkap Buron Asal Filipina, Buru Dua Orang Lainnya

“Kenaikan angka harapan hidup ini tentu diiringi pula dengan kesejahteraan keluarga yang meningkat. Ini yang menjadi cita-cita Pemkot Pasuruan,” ujar Mas Adi.

BACA JUGA:Polwan Polres Jember Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Patrang

Maka dari itu, sambungnya, Pemkot Pasuruan terus mengupayakan kesejahteraan lansia di Kota Pasuruan, salah satunya melalui program Selantang. Program tersebut menjadi bagian penting untuk meningkatkan sumber daya lansia. Sehingga pada masa tua, para lansia dapat hidup sehat dan bahagia. 

BACA JUGA:Bersama Jaga Kamtibmas Jelang Pilkada, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Gandeng Tokoh Masyarakat

“Keseharian lansia harus diisi dan disiapkan dengan kegiatan yang baik. Karena para lansia harus hidup sehat dan bahagia. Dua hal ini diibaratkan sebagai dua keping mata uang yang tidak bisa dipisahkan,” ungkapnya.

BACA JUGA:Jember Raih Kabupaten ODF Ke-36 di Jawa Timur

Mas Adi mengapresiasi kegiatan ini yang menjadi wadah kebersamaan para lansia ini. Ia berharap kegiatan-kegiatan Selantang dapat meningkatkan kualitas hidup lansia di Kota Pasuruan. 

BACA JUGA:Asyik Jalan Kaki Bawa Sajam Celurit 100 cm, Kini Diadili di PN Surabaya

“Kami bersyukur lansia Kota Pasuruan sangat aktif. Ini yang akan terus kami dukung. Dengan menjadi lansia yang sehat dan bahagia merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat umur dan kesehatan yang perlu untuk dijaga,” harapnya.

Kategori :