MBF 2024, BI Malang Support UMKM

Kamis 22-08-2024,10:00 WIB
Reporter : Ariful Huda
Editor : Muhammad Ridho

Selain mempromosikan produk UMKM, MBF juga menjadi ajang untuk meningkatkan kapasitas dan meningkatkan akses pembiayaan bagi para pelaku UMKM melalui penyelenggaraan talkshow, capacity building dan business matching pembiayaan.

BACA JUGA:BI Malang Pengungkit Perekonomian Jatim

BACA JUGA:Hanya 4 Hari, BI Malang Layani Tukar Uang Drive Thru

Dalam penyelenggaraan MBF 2024 ini juga akan diserahkan fasilitas pembiayaan kepada 3 dari 30 UMKM Binaan/ Mitra BI Malang telah terdaftar dalam Data base Profil UMKM Potensial Dibiayai (BISAID).

Yaitu, UMKM Bird Tea Gallery mendapatkan pembiayaan dari Bank Mandiri KCP Malang Sutoyo pada tahun 2023. Kemudian, UMKM Sumber Rejeki mendapatkan pembiayaan dari Bank Nobu Cabang Malang dan UMKM PT Jee Coffee Indonesia mendapatkan pembiayaan dari BRI Unit Dampit Cabang Martadinata.

Penyelenggaraan MBF tahun ini juga disinergikan dengan upaya untuk memperluas ekosistem halal melalui penguatan rantai nilai halal dalam rangka mengembangkan ekonomi syariah.

BACA JUGA:Komitmen JNE Express Cabang Malang Dukung Pertumbuhan UMKM

Upaya tersebut salah satunya dilakukan melalui penyelenggaraan pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha), fasilitasi program sertifikasi halal bagi UMKM dan penguatan Halal Center.

Dalam penyelenggaraan MBF 2024 akan diserahkan sertifikat kompetensi kepada peserta pelatihan JULEHA, sertifikat halal untuk UMKM dan bantuan kepada salah satu Halal Center di Kota Malang.

BACA JUGA:Dukung PEN, Dinkop Latih Pelaku UMKM

Sebagai wujud dukungan kepada para desainer muda, Bank Indonesia juga akan menyerahkan apresiasi Karya Kreatif Muda tingkat nasional yang salah satunya berasal dari SMK Terpadu Al Islahiyah, Singosari, Kabupaten Malang.

Melalui penyelenggaraan MBF 2024, BI Malang mengajak masyarakat untuk lebih menghargai dan menggunakan produk buatan dalam negeri serta mendukung pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. (bim/ari)

Kategori :