Alumnus UMM Sukses Usaha Anggrek Omzet Rp 50 Juta per Bulan

Rabu 21-08-2024,08:31 WIB
Reporter : Ariful Huda
Editor : Ferry Ardi Setiawan

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Nandia Anindhita, alumnus Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuktikan, pendidikan dan passion, dapat jadi fondasi meraih kesuksesan. 

BACA JUGA:Jelang Hari Juang Polri Tahun 2024, Kapolri: Berikan Pengabdian Terbaik kepada Masyarakat

Kini, ia jadi pengusaha sukses di budidaya anggrek. Beromzet 50 juta rupiah per bulan. Perjalanan bisnisnya, dimulai sejak mahasiswa semester enam tahun 2016.

BACA JUGA:HUT Ke-79 Kemenkumham, Kanim Batam Kali Pertama Upacara Hari Pengayoman Gantikan Hari Dharma Karya Dhika

Nandia mengungkapkan, awalnya tak terpikirkan terjun ke bisnis anggrek. Ketika menjalani magang di kebun anggrek, menurutnya banyak peluang yang bisa dikembangkan. Dari situ, ia mulai belajar budidaya anggrek dan mencoba peruntungan. 

BACA JUGA:Inilah Alur Drama Kolosal di Hari Juang Polri di Surabaya

"Anggrek adalah tanaman hias yang cantik. Perawatannya cukup mudah, harga jual cenderung stabil. Sehingga, saya yakin bisnis ini bisa menguntungkan. Dengan pengetahuan saat di UMM,  semakin percaya diri memulai usaha itu,” lanjutnya.

BACA JUGA:Imigrasi Hadir Lebih Dekat untuk Masyarakat Trenggalek

Nandia mulai memasarkan anggreknya melalui media sosial, Facebook. Dengan  memposting beberapa anggrek dan responsnya positif. Banyak yang tertarik dan dan beli. Sehingga bisnisnya mulai berkembang. Kini, telah memiliki tiga greenhouse tersebar di tiga lokasi. Tulungagung, Malang, dan Batu.

BACA JUGA:50 Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Bakal Dilantik Rabu Besok

"Dengan memiliki beberapa greenhouse di lokasi yang berbeda, saya bisa memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat," katanya. 

BACA JUGA:Kecamatan Tegalsari Semarakkan Pelantikan Kartar Periode 2024-2029 dengan Konvoi Merah Putih

Kata dia, di dunia bisnis, harus selalu siap beradaptasi dan mencari peluang baru. Tidak pernah takut mencoba akan hal-hal baru. (edr)

Kategori :