Kapolres Lumajang Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024

Senin 19-08-2024,16:59 WIB
Reporter : Agus Sucipto
Editor : Ferry Ardi Setiawan

LUMAJANG, MEMORANDUM.CO.ID - Kapolres Lumajang AKBP Mohammad Zainur Rofik SIK memimpin apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024 di Alun-Alun Lumajang, Senin 19 Agustus 2024.

BACA JUGA:Persiapan Pengamanan Pilkada Serentak, Polres Mojokerto Kota Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja

Apel gelar pasukan ini diselenggarakan untuk pemeriksaan kesiapan personel, sarana, dan prasarana sebelum diterjunkan dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024.

BACA JUGA:Polda Jatim Gelar Anev, Evaluasi Kinerja hingga Persiapan Operasi Mantap Praja 2024

"Ini sebagai wujud nyata komitmen kita dalam memastikan suluruh tahapan Pilkada Serentak 2024 di Jatim khususnya Kabupaten Lumajang agar berjalan lancar, aman, dan damai,” kata Kapolres Lumajang AKBP Rofik.

BACA JUGA:Polres Jember Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024

Pilkada Serentak 2024 ini memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk kali pertama Provinsi Jatim akan menyelenggarakan pesta demokrasi secara serentak dalam tahun yang sama, yaitu pemilihan calon gubernur dan calon wakil gubernur serta pemilihan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah.

BACA JUGA:Polres Gresik Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024

Bahwa dalam kacamata kamtibmas, peningkatan intensitas kegiatan politik ini, tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan.

Di antaranya yang cukup menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan, negative campain, serta penyebaran hoaks, dan hate speech yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. 

BACA JUGA:Jamin Kondusifitas Pilkada 2024, Polrestabes Surabaya Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2024

Dalam Operasi Mantap Praja Semeru 2024, kapolres menuturkan bahwa pengamanan penyelenggaraan tahapan pilkada selama 135 hari (sepanjang tahun 2024) terhitung sejak diberlakukan mulai 19 Agustus sampai dengan 31 Desember 2024, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung dengan kegiatan penegakan hukum.

BACA JUGA:Persiapan Pengamanan Pilkada, Polres Lamongan Gelar Latihan Pra Operasi Mantap Praja Semeru 2024

Pelaksanaan Operasi Mantap Praja Semeru 2024 akan melibatkan 3.950 personel dengan rincian, 420 personel dari Polres Lumajang, 300 personel TNI dan 3.230 personel Linmas.

BACA JUGA:Siap Amankan Pilkada, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Gelar Latihan Pra Operasi Mantap Praja Semeru 2024

"Kekuatan personel ini tidak hanya akan difokuskan untuk mengamankan kantor penyelenggara pilkada seperti KPU dan Bawaslu, tetapi juga untuk patroli dan pengamanan di 1.615 TPS yang tersebar di wilayah Kabupaten Lumajang baik TPS kurang rawan, TPS rawan, dan TPS sangat rawan," jelas AKBP Rofik.

Kategori :