Awas! Jangan Tertipu Calo, Rekrutmen CPNS Rencana Diumumkan 19 Agustus

Kamis 15-08-2024,19:01 WIB
Reporter : Biro Pasuruan
Editor : Muhammad Ridho

PASURUAN, MEMORANDUM - Inilah kabar gembira untuk anda calon peserta CPNS 2024. Di Kabupaten Pasuruan, rekrutmen CPNS 2024 sudah mendapatkan kepastian dari KementerianPAN Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Tahun ini, Pemkab Pasuruan menerima 119 formasi untuk CPNS.

Kepastian ini disampaikan Sekda Kabupaten Pasuruan Yudha Triwidya Sasangka.

“Ya benar. Surat dari BKN sudah kami terima. Surat tersebut terkait dengan jadwal seleksi CPNS,” ujar Yudha saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis 15 Agustus 2024

BACA JUGA:Buka Masa Orientasi CPNS Angkatan 2024, Kakanwil Kemenkumham Jatim Harap Terbentuk Karakter PASTI BerAKHLAK

BACA JUGA:CASN 2024, Kemenag Buka Lowongan 110.553 Formasi CPNS dan PPPK

Menurut Sekda, jumlah 199 formasi CPNS ini sama dengan yang diajukan Pemkab Pasuruan sebelumnya. Dari jumlah itu tersebut akan terploting ke dalam 4 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau kedinasan. Yakni, jabatan analis keuangan pusat dan daerah. Lalu, formasi Pengawas lingkungan hidup pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Kemudian, Pengawas penyeleggaraan urusan pemerintah daerah (P2 UPD) pada Inspektorat, dan terakhir formasi untuk Satpol PP.

“Sudah mulai kita rumuskan dan selanjutkan akan kita formulasikan,” tegasnya. 

Yudha belum menjelaskan detil soal berapa jumlah di masing-masing formasi. Karena itu masih diformulasikan pihaknya bersama BKPSDM Pemkab Pasuruan. Rencananya, pengumuman soal perekrutan CPNS ini sekitar 19 Agustus 2024 mendatang. “Kita akan umumkan di website,” cetusnya. 

BACA JUGA:Soroti Rekrutmen CPNS, Pakar UNAIR: Jangan Ada Campur Tangan Politik

BACA JUGA:Antispasi Peserta SKD CPNS Kemenkumham Jatim Bawa Jimat, Penggeledahan Badan Diperketat

Sebelumnya sempat diberitakan, jika rekrutmen ASN masih menunggu verifikasi dan falidasi dari BKN pusat. Namun, setelah sepekan lalu, sudah diperoleh kepastian soal jumlah formasi dari masing-masing daerah yang menyelanggarakan rekrutmen CPNS. 

Dari hasil koordinasi dengan BKN pusat, pihak BKPSDM mendapatkan kepastian soal rekrutmen CPNS saja. Sementara ASN untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) hingga saat ini belum. Jumlah PPPK yang diusulkan Pemkab Pasuruan jumlahnya lumayan besar yakni, 3.694 formasi. 

“Karena yang disetujui baru CPNS, ya kami konsentrasi yang ini dulu. Sedangkan untuk formasi ASN PPPK belum kita bahas,” tegasnya. 

BACA JUGA:Kemenkumham Buka 1.000 Formasi CPNS Polsuspas, Alokasi Kebutuhan di 33 Provinsi

Untuk tes seleksi CPNS sendiri, sampai kini belum diketahui. Hanya saja, Sekda Yudha memberikan ancer-ancer kisaran Oktober 2024.

Kategori :