Penyuluhan UMKM Jadi Program Non Fisik TMMD 121 di Kangean

Kamis 15-08-2024,10:41 WIB
Reporter : Biro Madura
Editor : Fatkhul Aziz

SUMENEP, MEMORANDUM - Satgas TMMD 121 Kodim 0827/Sumenep menggelar penyuluhan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Penyuluhan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dalam kegiatan TMMD yang menjadi sasaran non fisik dalam rangka meningkatkan skala usaha.

Dalam sosialisasi ini, menghadirkan narasumber yang berkompeten dari Diskopukmperindag Kabupaten Sumenep Dian. 

Kegiatan penyuluhan diikuti sebanyak 30 peserta pelaku UMKM wilayah Kangean bertempat di pendopo Kantor Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep. Kamis 15 Agustus 2024.

BACA JUGA:Percepat Jalan Rabat, Satgas TMMD ke 121 Kodim 0827/Sumenep Isi Air ke dalam Molen

Danramil 0827/18 Kangean Kapten Czi Acep Kusnadi dalam hal ini mewakili Pasiter, menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai strategi dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengembangkan usaha pelaku UMKM di Kangean.

"Melalui sosialisasi ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat meningkatkan kapasitas dan skala usaha mereka, sehingga mampu bersaing di pasar yang lebih luas dan berkontribusi terhadap perekonomian daerah," ujarnya.

Sementara, pemateri Ibu Dian mengatakan melalui penyuluhan tersebut, pelaku UMKM berkesempatan mendapatkan informasi terkini mengenai berbagai program pemerintah yang dapat membantu mereka dalam mengembangkan bisnis. 

"Materi yang kami berikan mencakup pengelolaan keuangan, strategi pemasaran, akses permodalan, serta pemanfaatan teknologi dalam usaha” pungkas Dian.

BACA JUGA:Cat Hijau Hiasi RTLH Milik Bakri oleh Satgas TMMD di Kangean

Dian juga berharap para peserta yang hadir dapat menyebarkan informasi dan pengetahuan yang diperoleh kepada pelaku usaha lain yang belum berkesempatan hadir.

Kategori :