3 Penyebab Penuaan Dini yang Jarang Disadari dan Berikut Cara Mencegahnya

Kamis 15-08-2024,06:02 WIB
Editor : Muhammad Ridho

MEMORANDUM - Penuaan merupakan proses alami yang terjadi pada setiap orang, seiring bertambahnya usia. Kendati demikian, tak hanya disebabkan oleh faktor alami semata, nyatanya penuaan juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor lainnya.

Kondisi ini dikenal sebagai penuaan dini atau premature aging, yang membuat seseorang mengalami perubahan fisik tidak sesuai usia, sehingga terlihat lebih tua. 

BACA JUGA:8 Cara Mengatasi Penuaan Dini yang Mudah Dilakukan

BACA JUGA:5 Cara Mencegah Penuaan Dini dengan Alami dan Efektif

Terdapat beberapa faktor penuaan dini yang perlu diketahui, antara lain: 

1. Kebiasaan merokok 

Faktor pertama yang menjadi penyebab penuaan dini adalah kebiasaan merokok. Sebab, racun dalam asap rokok akan membuat kulit terserang stres oksidatif.

2. Paparan sinar matahari yang berlebihan 

Sebagian orang kerap menerima paparan matahari secara berlebih setiap harinya. Misalnya seperti orang-orang yang bekerja di luar ruangan, atau mereka yang gemar berjemur demi mendapatkan kulit eksotis. 

3. Pengaruh genetik

Ada beberapa kondisi genetik yang sangat langka yang dapat menyebabkan seseorang menunjukkan tanda-tanda penuaan di masa kanak-kanak dan pubertas dini, yaitu progeria. 

BACA JUGA:Mencegah Penuaan Dini, Manfaat Luar Biasa Air Putih untuk Kulit Wajah Awet Muda

BACA JUGA:Delima: Buah Super yang Mencegah Penuaan Dini dan Melindungi dari Radikal Bebas

Pencegahan Penuaan Dini yang Dapat Dilakukan

  • Menghapus riasan.

Jika kamu menggunakan riasan atau make up sehari-hari, pastikan untuk menghapus riasan sebelum tidur. Pastikan kamu mencuci muka dua kali sehari menggunakan air hangat dan pembersih ringan. Selain itu, wajah juga perlu dipastikan bebas dari alas bedak dan residu lainnya sebelum pergi tidur.

  • Tidur yang cukup.
Tags :
Kategori :

Terkait