10 Cara Menurunkan Gula Darah yang Aman untuk Cegah Diabetes

Rabu 14-08-2024,07:01 WIB
Editor : Muhammad Ridho

BACA JUGA:Efek Somogyi Saat Puasa: Perhatikan Fluktuasi Gula Darah

BACA JUGA:Inilah 7 Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes, agar Gula Darah Terkontrol

6. Tidur cukup dan berkualitas

Selain itu, cara menurunkan gula darah salah satunya dengan memastikan tidur dalam jumlah yang cukup dan berkualitas. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu menjaga kadar gula darah dan menjaga berat badan yang sehat. Sebaliknya, kurang tidur berpotensi meningkatkan kadar hormon kortisol.

7. Hindari melewatkan waktu makan

Cara menurunkan gula darah alami yang juga aman adalah menghindari kebiasaan melewatkan waktu makan. Sebab, melewatkan waktu makan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah pada waktu makan berikutnya.

8. Memilih makanan yang indeks glikemiknya rendah

Jika makanan memiliki indeks glikemik rendah, makanan tersebut tidak menyebabkan kadar gula darah melonjak cepat. Nah, salah satu cara untuk menurunkan gula darah secara alami adalah mengonsumsi lebih banyak makanan dengan indeks glikemik rendah.

BACA JUGA:Inilah 5 Cara Alami Mengendalikan Kadar Gula Darah bagi Orang Diabetes

BACA JUGA:Tanda-tanda Gejala Gula Darah Tinggi dan Cara Mencegahnya

9. Konsumsi makanan yang tinggi magnesium

Magnesium terbukti bermanfaat bagi kadar glukosa darah. Bahkan, pola makan kaya magnesium berkaitan dengan penurunan risiko penyakit gula secara signifikan.

Sebaliknya, kadar magnesium yang rendah dapat menyebabkan resistensi insulin dan penurunan toleransi glukosa pada pengidap penyakit gula. 

10. Jaga berat badan ideal

Obesitas dan berat badan berlebih dapat menyebabkan gula dalam darah jadi sulit terkontrol. Maka itu, pengidap gula darah yang obesitas perlu menurunkan berat badan.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan gula darah secara sehat dan mencegah diabetes.

Tags :
Kategori :

Terkait