Polres Tulungagung Gelar Simulasi Sispamkota Hadapi Pilkada 2024

Selasa 13-08-2024,12:34 WIB
Reporter : Biro Tulungagung
Editor : Fatkhul Aziz

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Sebanyak 660 personel Polres Tulungagung dilibatkan dalam pengaman Pilkada tahun 2024. Jumlah personel yang dilibatkan akan bertambah ketika didapati peningkatan potensi kerawanan pilkada di wilayah hukum Polres Tulungagung.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Tulungagung, AKBP Mohammad Taat Resdi melalui Kabag OPS Kompol Puji Widodo, usai menggelar Sispamkota di Gor Lembu Peteng pada Selasa 13 Agustus 2024.

Simulasi Sispamkota kali ini dihadiri oleh Pejabat Utama (PJU) Polres Tulungagung, kapolsek jajaran, TNI dan Komandan Koramil jajaran, KPU, Bawaslu, pimpinan parpol di Tulungagung, serta Pemkab Tulungagung dan undangan lainnya.

"Anggota yang disiagakan itu sampai 660 personel. Namun bisa bertambah kalau ada peningkatan potensi kerawanan. Kami bisa nanti koordinasi dengan Brimob dan lain sebagainya," ujarnya.

BACA JUGA:Temui Gangguan Kamtibmas di Kota Marmer, Hubungi Nomor HP Kapolres Tulungagung

Dalam simulasi Sispamkota kali ini, Polres Tulungagung memeragakan sejumlah ancaman, kerawanan dan peta serta pola pengamanan polisi yang bisa saja terjadi selama pelaksanaan pilkada.

Mulai dari masa kampanye, kemudian selama pengiriman logistik pemilu, proses pemungutan suara, perhitungan suara, hingga proses pengumuman hasil pilkada sampai dengan proses lainnya.

"Tadi bisa disaksikan bagaimana pasukan kita melakukan penanganan pengamanan. Mulai dari upaya mediasi, kemudian upaya komunikasi, sampai tindakan tegas kepada pelaku yang diduga menjadi provokasi dalam aksi," ungkapnya.

Puji menjelaskan, pihaknya bersama beberapa pihak telah melakukan pendalaman potensi dan memetakan kerawanan pilkada yang terjadi di wilayah hukum Polres Tulungagung.

BACA JUGA:Tekan Angka Lakalantas, Polres Tulungagung Gelar Rakor Lintas Sektoral

Namun pihaknya tidak mengungkapkan secara rinci, lokasi mana saja yang masuk kategori rawan dalam Pilkada 2024 kali ini.

"Tentu kami sudah melakukan pemetaan kerawanan, jadi kejadian sekecil apapun bisa masuk kategori rawan dan bisa menjadi perhatian kami," pungkasnya.

Puji berharap, dukungan semua pihak dalam memastikan terciptanya harkamtibmas di wilayah hukum Polres Tulungagung selama proses pelaksanaan Pilkada 2024.(fir/fai)

Kategori :