Hari Pengayoman Ke-79, Imigrasi Batam Gelar Aksi Donor Darah

Selasa 13-08-2024,10:45 WIB
Reporter : Sujatmiko
Editor : Fatkhul Aziz

BATAM, MEMORANDUM - Dalam menyambut Hari Pengayoman ke-79 yang jatuh pada 19 Agustus 2024 serta dalam rangka mewujudkan solidaritas dan kepedulian terhadap sesama, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam menggelar kegiatan donor darah.

Kegiatan donor darah ini bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam dan diikuti oleh pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam.

Dalam giat donor darah yang diselenggarakan pada Kamis 8 Agustus 2024 di Aula Ajat Sudrajat Kantor Imigrasi Batam, sebanyak 57 pegawai turut mendaftarkan diri untuk mendonorkan darahnya. 

Setelah melalui tahap awal yaitu cek kesehatan oleh dokter yang bertugas, hanya sebanyak 33 pendaftar yang berhasil diambil darah untuk didonorkan. Beberapa pendaftar gagal dan tidak dapat melanjutkan donor darah karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis. Penyebab gagalnya tersebut antara lain dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi antibiotik dalam kurun waktu satu minggu sebelum donor darah, dan kurang cukup istirahat.

BACA JUGA:Imigrasi Batam Buka Kembali Layanan Pasar Minggu, Masyarakat Sambut Antusias

Adapun persyaratan dasar untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah adalah pendonor berusia 17 hingga 70 tahun. Berat badan minimal adalah 45 kg dengan tekanan darah sistole di bawah 180 dan diastole di bawah 100, untuk orang dengan tekanan darah yang cenderung tinggi. Sementara, orang dengan tekanan darah rendah, tekanan darah sistole/diastole yang dianggap aman adalah 90/50. Pendonor juga sebaiknya memiliki kadar hemoglobin sekitar 12,5-17 g/dL, dan tidak lebih dari 20 g/dL. Disamping hal di atas telah dipenuhi, syarat lainnya yaitu memiliki tubuh sehat secara jasmani. Hal ini penting mengingat darah pendonor akan masuk ke dalam tubuh seseorang.

Petugas UTD PMI Kota Batam memberikan apresiasi positif atas Aksi Sosial Donor darah yang diadakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam. Kegiatan ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan sebagai wujud solidaritas kepada sesama manusia. Melalui kegiatan ini setidaknya juga dapat berkontribusi untuk menambah supply kebutuhan darah nasional

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Samuel Toba turut hadir dan berpartisipasi sebagai pendonor darah.

“Saya sangat terpanggil untuk menjadi bagian dalam Aksi Donor Darah ini, mudah-mudahan kegiatan ini menjadi rutinitas kita untuk sama-sama berbagi dan peduli. Harapan saya kegiatan ini tidak hanya dalam rangka memperingati Hari Pengayoman ke-79 tapi dapat menjadi inspirasi bagi kegiatan serupa di masa depan, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah sebagai bentuk solidaritas sosial,” pungkas Samuel Toba.(mik)

Kategori :