Kabupaten Lamongan Terus Optimalkan Program Ketahanan Pangan Nasional

Minggu 11-08-2024,10:18 WIB
Reporter : Biro Lamongan
Editor : Fatkhul Aziz

LAMONGAN, MEMORANDUM - Mengatasi ketergantuangn sumber pangan dari luar (impor), Pemerintah terus mengoptimalkan program ketahanan pangan nasional untuk mengatasi krisis pangan. Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyebut kesiapan kedaulatan pangan Lamongan terus mengalami peningkatan atau naik. 

“Berbagai program dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas keaneragaman pangan di Lamongan, peningkatan lahan bero dengan program pompanisasi yang bisa meningkatkan indeks pertanian dan NTP (nilai tukar petani) yang saat ini sebesar 116%. Artinya kesiapan pangan kita (Lamongan) bisa terus naik,” kata Pak Yes pada Gebyar dan Pelantikan Pengurus Genta Pangan Se-Jawa Timur di Desa Jotosanur, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan, Sabtu 10 Agustus 2024.

Kabupaten Lamongan dengan luas wilayah lebih dari 1,8 km2, kontributor PDRB terbesar berasal dari sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar31,53 persen. Sebagai lumbung pangan nasional, dengan hasil produksi padi yang konsisten dikisaran 1,1-1,2 juta ton/tahun.

Pemkab Lamongan terus maksimalkan berbagai program untuk mengungkit pertanian serta kesejahteraan petani. Ditahun 2023, Pemkab Lamongan telah menyalurkan bantuan bibit padi hibrida sebanyak 12.250 ribu kg, benih jagung 4.125 kg, benih sorgung 5.400 kg, benih cabai rawit 740 pak benih, cabai merah 165 pak benih, hingga lainnya. 

BACA JUGA:Lamongan Jaga Ketahanan Pangan dengan Greenhouse Eco Pilar Hijau

Tidak hanya itu, sarana prasarana terus terus diberikan baik alat operasional, jalan usaha tani, pomanisasi, normalisasi saluran irigasi dan lainnya. Dengan dilantiknya pengurus genta pangan se-Jawa Timur oleh Budiman Sujatmiko di Lamongan, Pak Yes menyambut baik program dan inovasi yang akan dikembangkan. 

“Semoga langkah-langkah kita bisa terus menjadikan Indonesia menjadi negara kedaulatan pangan. Ketahana pangan kita menjadi ketahanan nasional,” ucap Pak Yes.

Sedangkan, Ketua Umum Genta Pangan Nasional Budiman Sujatmiko mengatakan, untuk mewujudkan ketahanan pangan memiliki peran penting untuk menggerakan petani melalui  Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai manajemen perekonomian di desa.

“Desa memegang peran penting. Teman- teman APDESI (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) ke depan juga harus bangun sumber daya manusianya, pendidikannya. Karena UU mengamanatkan, memajukan, kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” ucapnya. 

BACA JUGA:Akselerasi Infrastruktur hingga Ketahanan Pangan, Sukses TMMD Ke-119 di Lamongan

Budiman berharap, dilantiknya  pengurus genta pangan se-Jawa Timur, dapat masuk kesektor pangan (food). Sebab, Budiman menyebut, terdapat empat ukuran negara bisa maju yakni FEED (Food, Energi, Enviroment, Data/Digital). 

“Suatu negara yang menguasai food/makanan kemandirian pangan, kemandirian energi, mampu menjaga enviroment lingkungan, dan negara yang bisa menjaga datanya teknologi digital dia akan menjadi negara maju. Untuk itu genta pangan sekarang fokus di foodnya,” pungkasnya.

Kategori :