Pemkab Lumajang Kembali Raih Penghargaan Proklim dari KLHK

Sabtu 10-08-2024,17:57 WIB
Reporter : Biro Lumajang
Editor : Muhammad Ridho

LUMAJANG, MEMORANDUM - Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur kembali meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).   

Penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi KLHK terhadap pihak terkait dalam pelaksanaan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. Pemkab Lumajang sendiri mendapatkan penghargaan "Apresiasi Pembinaan Proklim Tingkat Kabupaten". 

BACA JUGA:Sukses, Bupati Lumajang Terima Piagam dan Trofi Penghargaan BKN Award 2023

BACA JUGA:Prestisius! 6 Kali Berturut-turut Kabupaten Lumajang Sabet Penghargaan Opini WTP

Penjabat (Pj.) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) mengatakan, bahwa penghargaan ini merupakan prestasi kali ke dua tingkat nasional yang diraih Pemkab Lumajang atas perannya mendukung tumbuh kembangnya Desa/Kalurahan Proklim secara berkelanjutan. 

"Dalam mendukung tumbuh kembangnya desa Proklim, salah satunya kami lakukan melalui pembinaan intensi. Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam kurun waktu 5 tahun kebelakang telah melakukan kegiatan seperti sosialisasi, pelatihan, studi banding, kunjungan dan coaching clinic," kata Yuyun saat dimintai keterangan usai menerima penghargaan dalam Festival LIKE 2 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

BACA JUGA:Pemkab Lumajang Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama

Sejak tahun 2013 hingga tahun ini Pemerintah Kabupaten Lumajang telah mencatatkan 41 desa/kelurahan di 16 Kecamatan sebagai lokasi Proklim dengan rincian, 3 lokasi Proklim kategori Lestari, 2 lokasi Proklim kategori utama Trophy, 25 lokasi kategori utama sertifikat, dan 4 lokasi kategori madya sedangkan 7 lokasi menunggu hasil publikasi dari KLHK. 

"Komitmen Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk terus mendukung capaian Nasional 20.000 Kampung Iklim di Indonesia, melalui upaya terus melaksanakan pembinaan secara berkelanjutan bersama stakeholder terkait untuk menuntaskan minimal 1 Kecamatan 1 Desa Proklim," jelasnya. 

BACA JUGA:Bupati dan Wabup Lumajang Kembali Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra

BACA JUGA:Bupati dan Ketua DPRD Lumajang Raih Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra

Dalam Acara tersebut, dua desa di Lumajang juga mendapatkan penghargaan Proklim, diantaranya untuk Trophy Proklim Kategori Lestari diraih oleh Desa Pasrujambe, kemudian Trophy Proklim Kategori Utama diraih oleh Desa Sumberwuluh. ( Agus )

Tags :
Kategori :

Terkait