Sidoarjo Jemput Bola Perekaman KTP-el Pemula dan Perbanyak Aktivasi IKD

Jumat 09-08-2024,15:46 WIB
Reporter : Biro Sidoarjo
Editor : Fatkhul Aziz

SIDOARJO, MEMORANDUM - Pemkab Sidoarjo jemput bola aktivasi identitas kependudukan digital (IKD) dan perekaman e-KTP bagi pemula. Jumat 9 Agustus 2024, jemput bola goes to school dilakukan di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. 

Plt Bupati Sidoarjo Subandi didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sidoarjo Reddy Kusuma, memberikan arahan langsung ke siswa-siswi SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo saat jemput bola. Arahan tersebut  terkait proses perekaman dan pencetakan KTP elektronik (KTP-el) bagi pemula serta aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). 

Di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, sebanyak 200 siswa melakukan perekaman e-KTP dan sebanyak 250 guru maupun murid berhasil aktivasi IKD. Untuk capaian total aktivasi IKD di Sidoarjo saat ini sudah tembus 121 ribu lebih yang sudah aktivasi. 

Subandi menekankan pentingnya adaptasi terhadap kebiasaan baru melalui penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD). IKD ini menjadi langkah strategis, sejalan dengan perkembangan teknologi modern untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses data diri melalui smartphone berbasis Android.

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi Gus Muhdlor, KPK Panggil Dua Pejabat Pemkab Sidoarjo

"Ini adalah momentum transformasi dari pelayanan manual menuju sistem pelayanan digital, yang diharapkan mampu mempercepat pelayanan publik, khususnya dalam administrasi kependudukan," ujar Subandi.

Selain itu, penerapan IKD dan aplikasi Plavon Dukcapil yang diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menjadi salah satu bukti nyata keseriusan pemerintah dalam mewujudkan ekosistem layanan digital yang terintegrasi. Langkah ini tidak hanya memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan, tetapi juga diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik secara keseluruhan.

"Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan arus informasi, tuntutan dan harapan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik semakin meningkat. Oleh karena itu, layanan jemput bola seperti perekaman KTP-el dan aktivasi IKD di sekolah-sekolah harus terus dilakukan," jelas Subandi.

Goes to School ini menjadi upaya pemerintah untuk mendekatkan layanan kepada generasi muda, khususnya siswa-siswi yang berusia 17 tahun atau yang sudah berusia di atas 16 tahun. Proses perekaman KTP-el dapat dilakukan meskipun pencetakan KTP baru akan dilakukan saat siswa bersangkutan sudah berusia 17 tahun.

BACA JUGA:Diguyur Gerimis, Pemkab Sidoarjo Tetap Gelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXVIII

Subandi mengajak para siswa yang telah mengikuti kegiatan ini untuk menyampaikan edukasi kepada teman, keluarga, dan masyarakat sekitar tentang pentingnya administrasi kependudukan, terutama dalam era digital seperti sekarang ini. Yang belum aktivasi, bisa segera aktivasi.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat, terutama generasi muda, semakin memahami pentingnya administrasi kependudukan yang akurat dan dapat memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung berbagai aspek kehidupan sehari-hari.(im/jok)

Kategori :