Musim ke-20 Liga Basket Pelajar East Java-North Region Dimulai

Jumat 09-08-2024,13:32 WIB
Reporter : Farid Al Jufri
Editor : Fatkhul Aziz

SURABAYA, MEMORANDUM - Musim baru gelaran liga basket pelajar terbesar di Tanah Air kembali bergulir. Seperti saat dimulai kali pertama 20 tahun silam (2004), secara istimewa pembukaan Honda DBL with Kopi Good Day musim 2024-2025 ini diawali dari kota kelahirannya, Surabaya. Dan akan berlanjut kemudian secara maraton menyapa kota-kota lainnya se Indonesia hingga Februari 2025 nanti. Tepatnya di 31 kota 23 provinsi. Dari Aceh hingga Papua.

Ada empat game seru tersaji pada opening party Honda DBL with Kopi 2024 East Java – North Region yang berlangsung di DBL Arena Surabaya, Kamis 8 Agustus 2024. Dan tentunya, memasuki edisi spesial dua dekade ini  DBL Indonesia didukung para partner selalu berupaya meningkatkan kualitas agar lebih baik di setiap musimnya. 

Dengan semangat 20 Tahun DBL Indonesia: #MoveUP, ada tiga hal yang ditekankan pada musim baru Honda DBL with Kopi Good Day 2024 Seri Surabaya ini. Yakni, More Games, More Entertainment, dan More Safety.

Honda DBL with Kopi Good Day 2024 Seri Surabaya ini akan berlangsung pada 8 Agustus hingga 11 Oktober mendatang. Total sebanyak 130 tim dari 83 sekolah ikut berpartisipasi. Meningkat dari tahun lalu yang hanya diikuti 115 tim dari 77 sekolah. Beberapa sekolah baru turut diberi kesempatan ikut. Secara sistem pertandingan, juga dilakukan modifikasi dengan tujuan memberi lebih banyak game bagi para peserta. 

BACA JUGA:Menpora Dito Umumkan Final Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series Digelar di Indonesia Arena

Seri Surabaya diawali dengan Round 1 yang menggunakan sistem round robin.  Berlangsung 8 Agustus hingga 8 September. Membagi tim putra dalam 18 grup berisi masing-masing tiga tim, serta 14 grup tim putri. Sebanyak 24 tim putra (18  juara grup dan enam runner-up terbaik) serta 16 tim putri (14 tim berstatus juara grup dan 2 runner-up terbaik) nantinya berhak melaju ke Round 2. 

Pada Round 2 yang dijadwalkan 11-24 September ini, masing-masing tim yang lolos, baik putra dan putri akan bersaing kembali, ditambahkan dengan delapan tim yang berstatus lolos Big Eight musim lalu. Masih menggunakan sistem round robin, hanya delapan tim putra dan putri yang akan melaju ke fase selanjutnya, yakni Region Playoff.

Selanjutnya pada babak Region Playoff yang berlangsung 25 September hingga 4 Oktober, kedelapan tim putra dan putri yang lolos akan bersaing dengan sistem double elimination. Hingga didapatkan juara dan runner-up yang berhak mewakili region Surabaya ini pada fase puncak Seri Jatim, atau Championship Series yang akan berlangsung di DBL Arena pada 6 hingga 11 Oktober. Bersaing dengan juara dari tiga region lainnya di Jawa Timur, yakni Jember (East), Madiun (West), serta Malang (South).

Selain journey kompetisi yang makin seru, pada Honda DBL with Kopi Good Day 2024 East Java – North ini, DBL Indonesia juga mengusung semangat More Safety. Diaplikasikan dengan menyulap lapangan DBL Arena dengan lapangan yang pernah dipakai pertandingan kelas NBA (National Basketball Association) dan sudah berstandar FIBA (Federation Internationale de Basketball ).

BACA JUGA:Tim Putra dan Putri SMASA Jember Juara 1 Honda DBL East Region

Lapangan berbahan hardwood sendiri memiliki veneer pada permukaan dengan kualitas yang lebih tinggi. Bahan hardwood juga dinilai lebih kuat ketimbang lapangan berbahan triplek. Selain itu, hardwood lebih tahan retak dan bengkok. Dan yang penting, lapangan kayu lebih aman untuk dipakai bermain basket. Lapangan kayu berstandar NBA ini lebih aman karena ada rongga di bawah lapisan kayu tersebut. Rongga itu bisa meredam tekanan yang membuat lutut pemain lebih aman ketika terjatuh. Risiko cedera pun bisa ditekan.

“Musim ini kan kami punya tagline more games, more entertainment, dan more safety. Jadi lapangan ini menjadi salah satu bentuk upaya kami mengimplementasikan poin yang more safety itu. Termasuk asuransi bagi seluruh peserta dan dukungan medis profesional dari Rumah Sakit Mitra Keluarga,” kata Masany Audri Gultom, Direktur DBL Indonesia.

Pernyataan Masany didukung oleh Suhari, Marcomm & Development Division Head dari MPM Honda Jatim. “Sudah 17 musim bersama dan kami senang bisa bekerja sama dengan DBL Indonesia, karena sesuai dengan tagline kami, Satu Hati, Satu Impian. Jadi bersama DBL dan Kopi Good Day nantinya, kami menjadi jembatan buat bantu mimpi-mimpinya anak muda melalui basket,” ujar Suhari. 

Hal yang sama juga disampaikan Pupuk Soegiharto  selaku General Manager Marketing PT Santos Jaya Abadi Kopi Good Day. Ini adalah tahun kedua Kopi Good Day mendukung sebagai co-tittle partner. ”Dampak positif dari Honda DBL with Kopi Good Day ini sangat luar biasa bagi anak muda. Itulah yang menjadi alasan kami melanjutkan dukungan. Karena kami mendukung kegiatan positif bagi anak muda. Selain itu, ada kesamaan antara DBL Indonesia dan produk kami (Kopi Good Day) yang sama-sama menyasar anak muda,” ungkapnya.

BACA JUGA:Tim Putra-Putri SMASA Jember Masuk Final Honda DBL with KFC 2022 East Java Series-East Region

Kategori :