Ruang Laboratorium SMPN 2 Nglames Rusak, Disdikbud Janji Segera Perbaiki

Rabu 07-08-2024,07:12 WIB
Reporter : Biro Madiun
Editor : Muhammad Ridho

MADIUN, MEMORANDUM - Gedung laboratorium IPA di SMPN 2 Nglames, Kecamatan/Kabupaten Madiun rusak dan dibongkar. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Madiun berjanji segera memperbaiki ruang yang rusak itu.

"Untuk rehab kerusakan ringan bisa menggunakan dana bos, kalau sedang dan berat kita prioritaskan pada DAK, tapi kalau tidak di APBD 2025," kata Kabid SMP Dindikbud Kabupaten Madiun, Agus Widi Agung usai meninjau di SMPN 2 Nglames, Selasa 6 Agustus 2024.

BACA JUGA:Gedung laboratorium IPA di SMPN 2 Nglames Madiun Dirobohkan

BACA JUGA:Serapan APBD Kota Madiun Hingga Agustus Masih Rendah

Agung tak menampik kerusakan atap ruang laboratorium IPA SMPN 2 Nglames itu lantaran kondisi kayu dan bangunan yang sudah termakan usia serta lokasi yang berdekatan dengan rel kereta api sehingga getarannya mempengaruhi daya tahan bangunan. Pun pihaknya telah memetakan sekolah tersebut bakal mendapatkan bantuan rehabilitasi dari pemerintah daerah maupun pusat tahun depan. 

"Kalau ini tergolong rusak sedang, ini karena kondisi tembok masih kuat. Kategori berat jika itu kondisi bangunan sudah tidak tegak dan rentan ambruk seluruhnya," paparnya.

BACA JUGA:Rebutan Lahan Parkir di Pasar Besar Madiun, Pria Ini Ditusuk Sesama Jukir

Berdasarkan hasil pemetaan dan monitoring tahun 2023, dari 51 sekolah tingkat menengah pertama yang terdiri 37 sekolah negeri dan 14 sekolah swasta. Sebanyak 49,61 persen diantaranya terpantau dalam kondisi rusak ringan hingga menengah sehingga perlu perbaikan lebih lanjut. (dif/ju)

Kategori :