Proyek Terowongan TIJ-KBS Capai 70 Persen

Selasa 06-08-2024,20:22 WIB
Reporter : Arif Alfiansyah
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM - Proyek terowongan pejalan kaki yang menghubungkan Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) dengan KBS kini telah mencapai 70 persen penyelesaian.

Keberadaan terowongan ini nantinya akan memudahkan akses bagi masyarakat yang ingin mengunjungi KBS, sekaligus mengurangi kepadatan lalu lintas di sekitar kawasan TIJ.

BACA JUGA:Tak Ada Lagi Tambal Sulam, Wali Kota Pilih Pengaspalan Overlay Agar Jalan di Surabaya Lebih Mulus

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berkesempatan melakukan pengecekan langsung pembangunan tunnel tersebut, Selasa 6 Agustus 2024. Saat melakukan pengecekan, Eri melihat langsung pengerjaan tunnel yang memiliki lebar 4 meter dan tinggi 172 meter itu.

BACA JUGA:Sidang Dugaan Pemotongan Insentif ASN, Tiap Awal Bulan, Driver Bupati Ingatkan Kepala BPPD Sidoarjo

Eri mengatakan, pengerjaan tiang panjang TIJ-KBS sudah hampir selesai. Pengerjaan sempat terhenti lantaran menunggu pengerjaan Pipa PDAM yang sempat bocor beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Tak Terima Ada Cupang di Leher Kakak Perempuan, Main Keroyok

Dirinya menargetkan, pada minggu ketiga Agustus semua tiang pancang akan terpasang secara pararel. Sehingga, pengerjaan lainnya bisa segera dilakukan. 

"Ketika tiang panjang dikerjakan sudah mendekati KBS, maka bergeraknya akan lebih cepat. Kalau pancangnya siap, maka pengerjaanya akan lebih cepat," ujarnya. 

Untuk pengerjaan tunnel secara struktural ditargetkan selesai pada September. Sementara itu, terkait pengerjaan arsitektur dan finishing tunnel ditargetkan selesai Oktober 2024.

BACA JUGA:Tipu Member Arisan dan Investasi, Bos Cuan Group Dituntut 2 Tahun Penjara

"Nanti akan kita lakukan mengecekan lagi di bulan September, secara fungsional sudah berfungsi atau tidak. Fungsional ini artinya ketika struktur bangunan tunnel di TIJ sudah selesai sampai pintu masuk KBS bagian selatan," jelasnya. 

Secara struktural, Eri menyebut bahwa pengerjaan tunnel sudah mencapai 70 persen. Menurutnya, ketika tiang pancang sudah terpasang semua maka pembagunan akan tinggal melanjutkan.

"Pengerjaan tunnel kalau segi struktur sudah capai 70 persen, tinggal nunggu ini saja selesai strukturnya, pemasangan tiang pancang," imbuhnya.

BACA JUGA:Dikejar-kejar Kreditur Bayar Utang, Juliani Kehilangan Ayah dan Suami

Kategori :