Nikmati Sensasi Pedas yang Unik di Setiap Sudut Nusantara

Senin 05-08-2024,08:08 WIB
Reporter : Bayhaqi Maulana Putra
Editor : Agus Supriyadi

MEMORANDUM - Sambal merupakan bumbu tambahan dalam makanan yang membuat sensasi pedas yang begitu nikmat dengan keunikannya.

Sambal sendiri beraneka ragam di setiap daerah dengan rempah - rempah yang berbeda menyajikan sensasi pedas dan nikmat yang membuat sebagian orang pecinta pedas lebih mempunyai selera makan yang tinggi.

Variasi sambal sendiri begitu banyak dari Sabang sampai Merauke, dengan mengolah cabe dan beberapa rempah - rempah lainnya di setiap daerah.

Mereka mempunyai sambal khas sendiri di daerah tersebut, menurut warga lokal sendiri biasanya bukan cuma soal rasa tapi juga tentang kearifal local berupa penikmat tambahan yang khas dalam makanan.

Di Jawa Barat ada sambal oncom yang menjadi sambal khas dalam daerah tersebut, dengan fermentasi oncom dan cabe rawit yang membuat cita rasa pedas biasanya lebih terasa dan nikmat.

BACA JUGA:Pelayaran Pedas: Mencicipi Sambal dari Penjuru Dunia

BACA JUGA:5 Resep Sambal Cabai Rawit Pedas Menggugah Selera

Selanjutnya Di Jawa Timur menyajikan sambal terasi yang gurih dengan aroma - aroma terasi dan cabe rawit yang begitu sedap, sambal terasi di Jawa Timur memiliki aroma terasi yang cukup kuat karena menggunakan terasi udang pilihan, namun sambal ini juga begitu nkmat.

Bergeser ke timur, Bali memiliki sambal matah yang segar dengan irisan cabai, bawang merah, dan serai, yang unik dari ini adalah bahwa kesegaran sambal matah dianggap mencerminkan gaya hidup orang Bali yang menyukai kesegaran dalam hidangan mereka.

Sementara itu, Sumatera Barat mempersembahkan sambal lado mudo atau sambal ijo yang terkenal dengan warna hijaunya yang menggoda, proses pembuatannya unik, di mana cabai hijau dibakar terlebih dahulu untuk mendapatkan aroma smoky.

Di bagian timur Indonesia, Maluku menyajikan sambal colo-colo yang segar dan pedas. Sambal colo-colo biasanya menjadi pendamping ikan bakar dan memiliki rasa segar karena penggunaan jeruk nipis.

BACA JUGA:Resep Sambal Bawang, Pelengkap Makan yang Mudah Dibuat

BACA JUGA:Sensasi Pedas Gurih Sambal Gami Bontang Hadir di Gresik

Keunikan sambal dari berbagai daerah ini bukan hanya soal rasa, tapi juga teknik pembuatan dan bahan baku yang digunakan, seperti terasi, oncom, jeruk nipis dan masih banyak lagi.

Teknik pembuatannya juga bermacam – macam dan cukup unik, ada yang di ulek, ada yang di cincang, bahkan ada yang difermentasi seperti sambal roa dari Manado, sambal oncom dari Jawa Barat dan sambal lado mudo dari Sumatra Barat yang cabe hijaunya harus dibakar terlebih dahulu.

Dengan beragam jenis dan cita rasa yang unik, sambal tidak hanya menjadi pelengkap hidangan, tapi juga menjadi cita rasa dalam kuliner yang memperkenalkan kekayaan rasa Indonesia ke dunia.

Sensasi pedas yang ditawarkan tidak hanya membuat kenikmatan tambahan terhadap hidangan, tapi juga menceritakan kisah budaya dengan kearifan local dari rempah - rempah dan keunikan di setiap daerah di Nusantara. (mg23)

Kategori :