Bupati Lamongan Ajak Remaja Gabung PIK-R

Jumat 02-08-2024,14:41 WIB
Reporter : Biro Lamongan
Editor : Fatkhul Aziz

LAMONGAN, MEMORANDUM - Bupati Lamongan Yuhronur Efendi atau yang akrab disapa Pak Yes, ajak remaja di Kabupaten Lamongan untuk bergabung pada Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R).

Menjadi wadah kegiatan program Generasi Berencana (GENRE) yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja, PIK-R diyakini mampu menciptakan generasi bangsa yang berkualitas.

Menurut Pak Yes saat membuka kegiatan sosialisasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R), di latai 7 Aula Gadjah Mada Pemkab Lamongan, Kamis 1 Agustus 2024.

Ketahanan nasional dimulai dari kuatnya ketahanan keluarga. Penguatan dalam keluarga, salah satunya juga diberikan untuk anak. Dengan tujuan mengajak anak memiliki perencanaan yang baik kedepan.

BACA JUGA:Berangkatkan KKN Unisla, Bupati Lamongan: Kembangkan UMKM

"Ketahanan nasional dimulai dari ketahanan keluarga, salah satunya anak. Penguatan terus diberikan kepada anak, karena anak adalah generasi bangsa yang akan melanjutkan pembangunan. Salah satu upaya penguatan kepada anak ialah dibentuknya PIK-R," tutur orang nomor satu di Kota Soto.

Melalui PIK-R juga, anak atau remaja diyakini akan lebih mudah dalam menghadapi lima transisi kehidupan remaja atau youth five life transitions. Diantaranyaelanjutkan sekolah (continue learning), Mencari pekerjaan/karir (start working), memulai kehidupan berkeluarga (form families), menjadi anggota masyarakat (exercise citizenship), dan mempraktekkan hidup sehat (practice healthy life).

Dijelaskan oleh perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Sofia Hani, PIK-R memiliki tugas memberikan pelayanan informasi dan konseling. Pelayanan mengenai kesehatan reproduksi dan juga tentang perencanaan kehidupan berkeluarga serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya bagi usia remaja.

"PIK-R wajib diikuti oleh remaja berusia 10 tahun hingga 24 tahun. Dengan bergabung di PIK-R, remaja akan tahu bahaya dari sex pra nikah/bebas, bahaya pernikahan dini, narkoba, hingga terorisme," jelasnya dihadapan lima ratus remaja di Kabupaten Lamongan (mulai jenjang SMA hingga Perguruan Tinggi).

BACA JUGA:Naikkan Level Ekonomi Kreatif, Bupati Lamongan Launching Pusat Oleh-oleh MOOLA

Sofia menambah, bahwa dengan bekal informasi yang dimiliki remaja setelah bergabung dalam PIK-R, dipastikan menciptakan generasi bangsa yang berkualitas dan terencana.(*)

Kategori :