Menguak Keindahan Gunung Arjuno dari 3 Jalur Pendakian

Jumat 02-08-2024,07:06 WIB
Reporter : Uday Habib Wirayudha
Editor : Agus Supriyadi

MEMORANDUM - Gunung Arjuno, dengan ketinggian mencapai 3.339 meter di atas permukaan laut, menawarkan pemandangan alam yang sangat indah nan memukau.

Bagi Anda yang ingin menaklukkan puncak Arjuno, berikut ini adalah tiga jalur pendakian yang paling populer dan wajib Anda coba.

1. Jalur Teretes
Jalur Teretes merupakan salah salah satu jalur pendakian paling populer di kalangan pendaki. Terletak di Desa Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, jalur ini menawarkan pemandangan hutan yang rimbun dan sejuk.

Dari pos perijinan, pendaki akan melewati sejumlah pos pendakian sebelum mencapai puncak.
Para pendaki sering kali memanfaatkan jalur Tretes yang merupakan salah satu jalur pendakian terpopuler.

Jalur ini terkenal dengan medannya yang sulit, terutama karena banyaknya lereng terjal yang harus didaki. Namun pemandangan yang anda dapatkan di sepanjang rute sungguh menakjubkan.

BACA JUGA:Panorama Keindahan Alam Bukit Cendono, Cocok Bagi Pendaki Pemula

BACA JUGA:Tips Mendaki Gunung Aman dan Nyaman untuk Pendaki Pemula

Pendaki dapat menikmati pemandangan luas Pasuruan dan Malang dari beberapa titik pandang. Yang unik adalah air terjun Kakek Bodo yang letaknya dekat dengan jalur ini.


2. Jalur Lawang
Jalur Lawang dapat ditemukan di Desa Wonorejo Kabupaten Malang, Kecamatan Lawang.

Meski jalur ini lebih panjang dibandingkan jalur Tretes, namun tetap memberikan pengalaman pendakian yang tak kalah menarik.

Pendaki yang mencari rute yang lebih menantang sering kali memilih rute ini karena bentang alamnya yang bervariasi, meliputi tebing curam, padang rumput, dan hutan lebat.

Terdapat beberapa stasiun pendakian dengan banyak sumber air yang akan dilintasi pendaki. Kehadiran hutan pinus menakjubkan yang populer untuk berkemah menjadi salah satu daya tarik utama jalur ini.

3. Jalur Purwosari
Jalur Purwosari merupakan jalur pendakian yang terletak di Desa Tambak, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Jalur ini dikenal sebagai jalur spiritual karena melewati sejumlah situs peninggalan sejarah dan budaya, seperti candi Sumberawan dan petilasan Eyang Semar.

Jalur ini sangat cocok bagi para pendaki yang juga ingin melakukan perjalanan ziarah ke petilasan.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Pendakian Gunung di Jawa Timur untuk Pendaki Pemula

Meskipun jalur ini lebih pendek dibandingkan dua jalur lainnya, pendaki akan disuguhkan dengan tantangan yang tidak kalah menarik.

Medan-medan yang cukup beragam, mulai dari hutan, lereng yang curam, hingga aliran sungai, menjadikan pendaki dapat menikmati keindahan flora khas gunung arjuno yang masih terjaga ke asriannya.

Waktu tempuh untuk mencapai puncak melawati jalur Purwosari berkisaran antara 10-12 jam. Jalur ini juga di lengkapi dengan beberapa pos pendakian yang menjadikan tempat beristirahat dan sumber air, keberadaan situs-situs yang bersejarah menambah nilai lebih bagi para pendaki yang menyukai sejarah dan budaya. (mg22)

Kategori :