Densus 88 AT Gerebek Kontrakan Terduga Teroris di Kota Batu, Temukan Bahan Kimia dan Bahan Peledak

Kamis 01-08-2024,19:21 WIB
Reporter : Biro Malang Raya
Editor : Ferry Ardi Setiawan

BATU, MEMORANDUM – Densus 88 Antiteror (AT) Polri terus melakukan penyelidikan terkait penangkapan tiga terduga teroris di Kota Batu, Kamis 1 Agustus 2024.

Disampaikan Kabid Humas Polda Jatim Kombespol Dirmanto, bahwa tim dari laboratorium forensik (labfor) dan penjinak bom (jibom) Polda Jatim melakukan sterilisasi dengan  penyisiran di rumah pelaku dan serangkaian penyelidikan sesuai SOP.

BACA JUGA: ‘Calon Pengantin’ Bom Bunuh Diri di Kota Batu Incar Tempat Ibadah

"Jadi saat dalam rangkaian penyelidikan dugaan kasus teroris salah satunya sudah dilakukan pengambilan sidik jari dan DNA guna proses lidik lanjut," ungkapnya di lokasi tempat kejadian perkara (TKP). 

Menurut, Kombespol Dirmanto, Polda Jatim turut membantu mengamankan proses penyelidikan yang dilakukan Densus 88 Antiteror Polri sekaligus mem-backup sepenuhnya untuk penyelidikan dugaan teroris di Kota Batu ini.

BACA JUGA:Densus 88 Amankan Keluarga Terduga Teroris di Villa di Junrejo, Kota Batu

"Sebelumnya Kita menurunkan tim labfor, kemudian tim dari Jibom Sat Brimob Polda Jatim," imbuh Kombespol Dirmanto. 

Selain itu, dalam penggeledahan dan olah TKP, Kombespol Dirmanto juga mengatakan ada tiga orang yang diamankan terkait dengan peristiwa ini. 

BACA JUGA:Keluarga Terduga Teroris di Kecamatan Junrejo Kota Batu Diamankan Tim Densus 88

"Sementara ini ada tiga yang diamankan, dan akhirnya satu yang ditetapkan terduga teroris" kata Kombespol Dirmanto. 

Lanjutnya, rumah yang terletak di Perumahan Bunga Tanjung, Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, ini merupakan rumah kontrakan dan didapati barang bukti di TKP.

"Didapati Barang bukti bahan kimia, peralatan pembuatan bahan peledak (handak) dan casing box," singkatnya.  Selanjutnya, terkait spesifik detail akan disampaikan Kadivhumas Mabes Polri Irjenpol Sandi Nugroho. (*)

Kategori :