Berangkatkan KKN Unisla, Bupati Lamongan: Kembangkan UMKM

Kamis 01-08-2024,17:23 WIB
Reporter : Biro Lamongan
Editor : Ferry Ardi Setiawan

LAMONGAN, MEMORANDUM - Bupati Lamongan Yuhronur Efendi memberangkatkan 1.100 mahasiswa Universitas Islam Lamongan (Unisla) yang akan melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di 27 desa 9 kecamatan, Kamis 1 Agustus 2024. 

BACA JUGA:Masuk Prolegnas Prioritas, Kemenkumham Jatim Dukung RUU Paten Segera Disahkan

Kepada mahasiswa yang akan melaksanakan KKN, Pak Yes sapaan Yuhronur Efendi berpesan, pengalaman akademis yang dipelajari di bangku perkuliahan untuk dapat dipergunakan dalam menggali potensi sekaligus mengembangkan UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) Lamongan. 

BACA JUGA:4 Pelajar SMK Wijaya Putra Ikuti Program Magang di Memorandum

“Dalam membina UMKM adik-adik punya pengalaman akademis yang bisa di tularkan ke masyarakat, sehingga produk-produk UMKM nanti bisa lebih baik lagi secara branding, packaging maupun lainnya,” ungkap Pak Yes, saat berangkatkan KKN mahasiswa Unisla di halaman Pemkab Lamongan. 

BACA JUGA:Polsek Pakisaji Bekuk Residivis Curanmor Ngebruk Saat Beraksi

Pak Yes menjelaskan, saat ini telah ada sekitar 200 ribu produk UMKM di Lamongan. Dalam upaya mendukung hal tersebut, program UMKM naik kelas menjadi waduk untuk terus mendistribusikan pemasaran maupun meningkatkan kualitas produk. 

BACA JUGA:Gibran Uji Coba Makan dan Susu Gratis untuk Anak SD di Surabaya

“Kita dorong UMKM dengan brand tersendiri bagi Lamongan, ada soto Lamongan, tahu campur Lamongan, wingko Babat, nasi boran, dan produk-produk lain. Ada delapan produk UMKM yg sudah kita petenkan dan mem-branding dan menasional produk-produk UMKM yang dikenal masyarakat,” kata Pak Yes. 

BACA JUGA:Bersepeda 1945 KM, Dua Cyclist Sidoarjo ke IKN untuk Upacara Bendera

Pak Yes berharap, KKN Unisla juga mampu mengambil bagian penembangan sektor pertanian Lamongan yang saat ini telah menjadi lumbung pangan nasional. Tidak hanya itu, selama menjalankan KKN di masyarakat, Pak Yes berpesan, mahasiswa KKN Unisla  untuk dapat membaur dan bersosialisasi. 

BACA JUGA:Warga Driyorejo Tembak Mati Monyet yang Lukai Balita

“KkN selain menjadi pengalaman pribadi yang terakumulasi menjadi sebuah eksperimen, value, dan nilai, yang akan mengkristal menjadi sebuah sikap dan cara pandang ketika menajdi seorang sarjana,” tambahnya. 

BACA JUGA:Kalah dari Milan, Pemain Debutan Endrick Tampil Memukau, dan Pikat Ancelotti

Sementara itu, Rektor Unisla Abdul Gofur mengungkapkan, dengan mengambil tema “make enhancement for greatness” mahasiswanya akan melaksanakan KKN di sembilan kecamatan yakni Karanggeneng, Lamongan, Kembangbahu, Deket, Tikung, Brondong, Turi, Paciran, dan Sekaran diharapkan dalag turut berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

Kategori :