Satpas Prototipe Tegaron Sudah Banyak Diketahui Warga Kabupaten Malang

Rabu 31-07-2024,13:33 WIB
Reporter : Biro Malang Raya
Editor : Fatkhul Aziz

MALANG, MEMORANDUM - Terlihat dari peningkatan pelayanan yang dilakukan Satuan Administrasi Pelayanan (Satpas) SIM Tegaron dari hari ke hari terus mengalami peningkatan. Berarti masyarakat Kabupaten Malang terutama untuk wilayah bagian selatan sudah banyak yang tahu keberadaan Satpas Prototipe Tegaron.

"Saat ini sudah banyak pemohon SIM baik perpanjangan maupun baru yang datang ke Tegaron," terang, Bripka Eka Yudha baur SIM Tegaron saat mendampingi KRI Satlantas Polres Malang, Rabu 31 Juli 2024.

Yudha menjelaskan, memang sejak dilaunching pada 20 Februari dan mulai aktif pada bulan Maret 2024, masyarakat kabupaten Malang terutama untuk bagian selatan masih banyak yang belum tahu.

Namun saat ini sudah alami peningkatan 50% lebih, karena setiap harinya kalau diambil rata" sekitar 150 pemohon yang terselesaikan jika dibandingkan saat 1 sampai 2 bulan lalu.

BACA JUGA:Satpas Prototype Juga Layani Kelompok Difabel

"Areal layanan tetap malang bagian selatan, diantaranya kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, Dampit, Turen, Wajak, Bululawang," kata Yudha.

Tetapi ada juga, lanjut Yudha, warga kecanatan wilayah utara yang lakukan permohonan ke Satpas Tegaron, hal itu tidak bisa di tolak karena sifatnya online. 

"Jangankan orang wilayah utara, warga luar kota tetap iami layani jika melakukan permohonan ke Satpas Tegaron," imbuhnya.

Di samping itu hingga saat ini untuk wilayah layanan kedua  Satpas baik di singosari maupun Tegaron, masih belum dilakukan pembagian wilayah layanan. Namun pada dasarnya semua pemohon bisa lakukan permohonan dimana saja, karena untuk pelayanan SIM langsung terkonek secara online dengan Korlantas. 

BACA JUGA:Satu-Satunya Polres yang Punya Dua Satpas

"Bisa dimungkinkan orang Malang melakukan permohonan perpanjangan diwilayah lain, karena saat diketahui SIM miliknya akan berakhir besok. Padahal kondiainya saat itu yang bersangkutan terikat dengan kontrak sebuah pekerjaan," tegas, Yudha.

Pada lokasi yang sama, salah satu warga dari kecamatan Gondanglegi yang bernama Agus Prasetyo (56), baru mengetahui kalau warga kabupaten Malang utamanya yang bagian selatan. Bisa melakukan perpanjangan SIM di Satpas Tegaron, karena selama ini dirinya tahu harus ke Singosari.

"Kalau mengurus ke Singosari harus berangkat Subuh, tapi kalau ke Kepanjen bisa agak siangan," tuturnya.

Tahunya kalau ada tempat pengurusan SIM diwilayah Kepanjen, dirinya dikasih tahu teman dan juga tetangganya.(kid)

Kategori :