5 Kuliner Populer di Jombang yang Wajib Dicoba

Selasa 30-07-2024,06:02 WIB
Reporter : Aldi Fakhrudin
Editor : Agus Supriyadi

MEMORANDUM - Jombang menyimpan segudang pesona kuliner yang menggugah selera. Selain dikenal dengan keindahan alamnya, Jombang juga terkenal dengan beragam makanan khas yang lezat dan unik.

Berikut adalah 5 kuliner popular di Jombang yang wajib kamu coba:
 
1. Rawon Rosobo: Kuah Hitam yang Menggoda

Siapa yang tak kenal dengan Rawon Rosobo? Kuliner satu ini sudah menjadi ikon kuliner Jombang. Kuah rawonnya yang berwarna hitam pekat, kaya akan rempah-rempah, dan memiliki cita rasa yang khas membuat siapa saja ketagihan.

Potongan dagingnya yang empuk dan besar serta tambahan kecambah segar semakin menambah kelezatan rawon ini. Tidak heran jika Rawon Rosobo selalu ramai pengunjung, baik warga lokal maupun wisatawan.

Rawon Rosobo berdiri sejak 1980, terletak di Jln. Timur Taman Mojoagung, Kabupaten Jombang. Seporsi rawon Rp 27.000, buka dari pukul 06.00 - 21.00 WIB.


2. Sate Kampret: Nama Unik, Rasa Mantap

Jangan kaget dengan namanya yang unik. Sate Kampret bukanlah sate yang terbuat dari hewan kampret, melainkan sate ayam yang memiliki cita rasa yang sangat lezat. Daging ayamnya yang lembut berpadu sempurna dengan bumbu kacang yang gurih.

Konon, nama "Kampret" diambil dari singkatan kata "Kampung Retno", tempat asal sate ini dibuat. Warung sate kampret ini berlokasi di Jalan Seroja, Kabupaten Jombang.

BACA JUGA:Semanggi Surabaya: Kuliner Tradisional dengan Sejuta Pesona

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Makanan Wajib Coba di Negeri Gajah Putih: Sensasi Kuliner Thailand yang Menggugah Selera

3. Pecel Pincuk Bu Hj. Djiyah: Pecel Legendaris

Pecel Pincuk Bu Hj. Djiyah adalah salah satu kuliner legendaris di Jombang yang sudah ada sejak lama. Pecelnya yang khas dengan sambal kacang yang gurih dan sayuran segar menjadikannya favorit banyak orang.

Nasi yang dibungkus dengan daun pisang menambah aroma khas pada pecel ini. Selain pecel, warung makan ini juga menyediakan berbagai macam lauk pauk pendamping yang menggugah selera.

Pecel pincuk Bu Djiah terletak di Gg 1 No.9, Kepanjen, Kabupaten Jombang, buka setiap hari, pada jam 09.00-21.00 WIB.


4. Warung Kikil Abang Mojosongo: dijuluki sebagai 'Nasi kikil kesukaan Gus Dur

Mantan Presiden ke-4 RI, Gus Dur sangat menyukai kikil racikan Pak Man ini. Menu favorit Gus Dur nasi lodeh kikil dan lidah sapi.

Warung makan ini berlokasi di Jalan KH Hasyim Asy’ari, Dusun Mojosongo, Desa Balongbesuk, Diwek, Jombang. Buka setiap hari jam 15.00 - 00.00 WIB.


5. Sego Sadukan: Nasi Kucing Khas Jombang

Sego sadukan adalah sebutan lain dari nasi kucing khas Jombang. Nasi ini disajikan dengan berbagai macam lauk pauk, seperti telur, tempe, tahu, dan ikan teri. Sego sadukan biasanya dibungkus dengan daun pisang dan disajikan dalam porsi kecil. Kuliner ini sangat cocok dinikmati sebagai camilan atau makanan ringan.(*)

 

Kategori :

Terkait